Gaji Pegawai PT KAI

Gaji Pegawai PT KAI – Badan Usaha Milik Negara satu ini bergerak di sektor angkutan kereta api guna memenuhi kebutuhan transportasi warga tanah air untuk pergi kemana saja. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah berapa gaji pegawai PT KAI dalam berbagai posisi ketika mereka benar-benar bekerja secara profesional?

Gaji Pegawai PT KAI

NODIVISI PEGAWAIGAJI/BULAN
1Executif Vice PresidentRp42.500.000,00
2General manager TeknikRp27.000.000,00
3MasinisRp13.000.000,00
4Asistant ManagerRp8.800.000,00
5Software Engineer – ContractorRp7.000.000,00
6KondekturRp6.500.000,00
7Finance ManagerRp4.500.000,00
8Call Center AgentRp4.000.000,00
9Contact Center AgentRp4.000.000,00
10Customer ServiceRp4.000.000,00
11Marketing StaffRp4.000.000,00
12Front LinerRp2.500.000,00
13SecurityRp2.000.000,00
14Ticketing StaffRp2.000.000,00
15MagangRp1.500.000,00
Gaji Pegawai PT KAI

Profil Perusahaan PT KAI

PT Kereta Api Indonesia atau biasa disebut dengan KAI maupun PT KAI merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyediakan jasa angkutan kereta api. Pelayanannya meliputi penumpang berupa orang dan juga barang sampai saat ini dengan berbagai tarifnya.

Di akhir Maret tahun 2007, DPR telah mengesahkan revisi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1992 yakni Undang-Undang Nomor Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007. Di dalamnya menegaskan jika investor swasta atau pemerintah daerah t3lah diberikan kesempatan mengelolanya.

Artinya jasa angkutan darat khususnya kereta api di Indonesia ini sudah diserahkan kepada investor swasta maupun pemerintah daerah. Pemberlakuan Undang-Undang ini pun mengakhiri monopoli dari PT KAI untuk mengoperasikannya sehingga memiliki kekuasaan pengelolaan cukup besar.

Fakta Singkat PT KAI

PT KAI dibentuk pada tanggal 28 September oleh DARI dimana saat ini dipimpin seorang direktur utama yakni Didiek Hartantyo yang telah disahkan di tanggal 8 Mei 2020 sampai saat ini. Ada beberapa badan hukum PT KAI dimana secepatnya memiliki masa sendiri mulai dari tahun 1950 hingga sekarang.

Beberapa badan hukum dari PT KAI adalah DKA (Djawatan Kereta Api), PNKA (Perusahaan Negara Kereta Api), PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api) dan lainnya. Jenis kereta berdasar tarif dibedakan menjadi ekonomi dan eksekutif serta didasarkan dari jarak rutenya seperti KRL, MRT dan LRT.

  • Cek : Kumpulan Gaji Perusahaan di Indonesia Terbaru

Beberapa anak perusahaan yang dimiliki oleh PT KAI pun juga ikut berkembang hingga saat ini. Misalnya adalah KAI Services (2003), KAI Bandara (2006), KAI Commuter (2008), KAI Wisata (2009), KAI Logistik (2009), KAI Properti (2009) dan PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia di tahun 2015.

Layanan Utama dari PT KAI

PT Kereta Api Indonesia Persero yang disingkat sebagai KAI adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara dimana menyelenggarakan, mengatur hingga mengurus jasa angkutan kereta api di Indonesia. Seiring dengan berkembangnya tuntutan pasar, membuat KAI akhirnya merambah ke kegiatan usaha.

Beberapa kegiatan usaha yang dilakukan oleh PT KAI adalah jasa kereta api, restoran hingga pariwisata di dalam kereta api. Selain itu juga menyediakan layanan distribusi logistik untuk memudahkan warga Indonesia dalam mengirimkan berbagai barang ke seluruh kota di Indonesia.

Sementara sebagai penyedia transportasi antar propinsi, kereta api menjadi salah satu moda andalan penggunanya karena relatif tepat waktu baik di jam keberangkatan atau kedatangan. Kemudahan pemesanan juga menjadi alasan bagi banyak pelanggan untuk memilihnya.

Sejarah Perkeretaapian di Indonesia

Sejarah perkeretaapian di Indonesia telah dimulai saat pencangkulan pertama di jalur kereta api Semarang – Vorstenlanden atau Solo – Yogyakarta di Desa Kemijen. Proyek ini dipimpin oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda Mr. L. A. J. Baron Sloet van de Beele di tanggal 17 Juni 1864.

Pembangunan tersebut dilaksanakan oleh perusahaan swasta Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg menggunakan lebar sepur sebesar 435 mm. Sementara itu, pemerintah Hindia Belanda pun memulai membangun jalur tersebut di tanggal April 1875 melalui Staatsspoorwegen.

Rute pertama Staatsspoorwegen meliputi Surabaya – Pasuruan – Malang. Keberhasilan tersebut mampu mendorong investor swasta untuk membangun jalur kereta api seperti Semarang Joana Stoomtram Maatschappij dan lain sebagainya hingga Deli Spoorweg Maatschappij.

Visi dan Misi Perusahaan PT KAI Indonesia

Dalam sebuah perusahaan pasti memiliki visi dan misi tak terkecuali perusahaan PT KAI di Indonesia. Berikut visi dan misi PT KAI di Indonesia:

Visi Perusahaan PT KAI

Visi utama dari perusahaan PT KAI adalah menjadikan solusi ekosistem transportasi paling baik untuk Indonesia demi kenyamanan warga tanah air. Hal ini mereka wujudkan dengan menyediakan jasa angkutan kereta api agar memudahkan para penumpang ke berbagai tujuan di seluruh Pulau Jawa.

Misi Perusahaan PT KAI

Sementara misi yang dijunjung oleh PT KAI adalah untuk menyediakan sistem transportasi secara aman, efisien, berbasis digital dan juga berkembang pesat guna memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain itu juga bertujuan mengembangkan solusi transportasi massal terintegrasi melalui SDM.

Selain itu juga melalui teknologi dan perkembangan infrastruktur bagi seluruh pelaksanaan transportasi darat di Indonesia. Sementara misi terakhir yakni untuk memajukan pembangunan nasional dengan para kepentingan termasuk memprakarsai dan melaksanakan yang berkaitan pada transportasi.

Penghargaan dan Keuntungan Bekerja di PT KAI

Ada banyak penghargaan yang telah diraih oleh PT KAI sejak tahun 2013 hingga sekarang. Misalnya berhasil meraih sebagai The 1st Winner in Successfully Implementing Corporate Transformation dari Majalah SWA – Indonesia’s Best Practices in Corporate Transformation 2013 & Indonesia Future

Bahkan di tahun 2014, PT KAI di beberapa daerah di Indonesia berhasil meraih banyak penghargaan. Beberapa diantaranya seperti perolehan Prima Utama yang ditujukan pada Stasiun Bandung, Yogyakarta, Gambir, Pasar Senen, Cirebon, Purwokerto, Kutoarjo, Gubeng, Pasar Turi dan lainnya.

Dengan banyaknya penghargaan tersebut, tentunya membuat orang-orang pun tertarik untuk menjadi karyawannya. Bekerja di PT KAI memang dikenal memiliki banyak keuntungan. Salah satunya yakni tunjangan yang dinilai begitu besar dimana tiap orang mendapatkannya per bulan selama masa kontrak

Itu tadi informasi dari CariGaji.com tentang gaji pegawai PT KAI yang dapat dijadikan sebagai faktor dalam menentukan lowongan pekerjaan. Total penghasilannya pun dinilai sangat besar terutama ketika menduduki di posisi tinggi. Selain itu ada banyak keuntungan lainnya khususnya besaran tunjangan setiap bulannya.


Penelusuran Terkait : Gaji Pegawai PT KAI 2015 * Gaji Pegawai PT KAI 2016 * Gaji Pegawai PT KAI 2017 * Gaji Pegawai PT KAI 2018 * Gaji Pegawai PT KAI 2019 * Gaji Pegawai PT KAI 2020

Tinggalkan komentar