Jual, Beli, dan Switching Reksadana dalam Satu Genggaman

Switching Reksadana – Saat ini, kamu bisa menikmati investasi reksadana dengan lebih mudah. Hanya dengan melakukan cek rekening bank di mobile banking, kamu sudah bisa jual, beli, hingga switching dalam satu genggaman saja.

Seiring berkembangnya teknologi, kini kita bisa menikmati investasi reksadana dengan sangat mudah. Tidak lagi membutuhkan banyak aplikasi untuk melakukan berbagai transaksi investasi. 

Berkat adanya inovasi pada aplikasi, kini kita bisa melakukan semua transaksi tersebut dalam satu aplikasi saja. Sebagai tambahan, selain transaksi investasi kamu juga bisa cek mutasi rekening loh!

Jenis-jenis Transaksi Reksadana

C:\Users\alini\Music\141.jpg
Switching Reksadana dalam Satu Genggaman

Sebelum akhirnya memulai berinvestasi reksadana, apakah kamu sudah tahu beberapa jenis transaksi yang paling umum dilakukan saat cek rekening bank untuk investasi reksadana? Mari kita simak jenis-jenisnya di bawah ini.

1. Pembelian (Subscription)

Transaksi pembelian reksadana umumnya dilakukan pada saat pertama kali membuat akun reksadana. Jumlah minimal pembeliannya akan bergantung pada masing-masing manajer investasi yang dipilih. Biasanya hal ini yang seringkali dipertimbangkan oleh para investor sebelum berinvestasi. 

Selain pembelian pertama, transaksi pembelian lainnya ialah penambahan investasi atau lebih kita kenal dengan istilah top up. Transaksi ini dilakukan pada saat investor ingin memperbanyak investasi pada jenis reksadana yang sama. Adapun jumlah top up yang dilakukan harus sesuai dengan ketentuan dari reksadana itu sendiri.

Transaksi pembelian berikutnya yaitu autodebet. Transaksi ini mendukung top up reksadana secara otomatis dari rekening tanpa perlu cek rekening bank terlebih dahulu. Nominal dan waktunya bisa kita atur sendiri sehingga sangat memudahkan investor yang ingin rutin melakukan investasi reksadana.

Namun, jika pada saat jumlah uang dalam rekening tidak mencukupi, maka fitur autodebet akan otomatis membatalkan transaksi top up di waktu tersebut. Namun, hal ini tidak akan membuat pemilik rekening terkena denda.

2. Penjualan (Redemption)

Transaksi berikutnya dalam investasi reksadana ialah redemption atau lebih kita kenal dengan penjualan. Transaksi ini bisa kamu lakukan kapan saja. Umumnya, setelah melakukan penjualan reksadana, dana investasi membutuhkan waktu 7 hari untuk cair ke rekening. 

Setelah 7 hari, kamu bisa cek rekening bank untuk memastikan dananya sudah masuk atau belum. Investasi reksadana tidak memiliki jangka waktu tertentu untuk melakukan penjualan seperti deposito. Umumnya, deposito memiliki jangka waktu pencairan selama 1 tahun.

Jadi, selama masa itu kamu tidak dapat mencairkan dana investasi. Jika tetap memaksa untuk mencairkannya, kamu akan terkena denda. Hal ini tidak berlaku pada saat kamu investasi reksadana. Namun, pada saat melakukan penjualan kamu akan dikenakan redemption fee. Besarnya biaya ini tentunya akan berbeda pada setiap manajer investasi.

3. Pengalihan (Switching)

Selain pembelian dan penjualan, jenis transaksi berikutnya pada investasi reksadana yaitu switching atau pengalihan dana. Transaksi ini dilakukan dengan tujuan untuk memindahkan dana dari jenis investasi reksadana yang satu ke jenis reksadana yang lain tanpa perlu melakukan penjualan terlebih dahulu.

Umumnya, transaksi ini dilakukan oleh para investor pada saat situasi pasar reksadana yang dipilih sedang kurang menguntungkan. Jadi, switching dana investasi ke jenis reksadana yang lain menjadi solusi yang tepat.

Mudahnya Investasi Reksadana Bersama PermataMobile X

Lalu dimana kamu bisa melakukan semua transaksi tersebut dalam satu genggaman saja? Jawabannya yaitu hanya di PermataMobile X. Bersama aplikasi mobile banking ini kamu bisa menikmati semua transaksi reksadana dengan sangat praktis seperti cek rekening bank. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan beberapa keuntungan di bawah ini. 

Fitur Perbankan yang Lengkap

PermataMobile X menawarkan berbagai pilihan fitur perbankan yang sangat lengkap untuk kamu. tidak tanggung-tanggung, kamu akan disuguhkan hingga ratusan fitur perbankan yang akan membantu berbagai transaksi menjadi lebih mudah, termasuk cek rekening bank. 

Kemudahan Cek Mutasi Rekening

Bersama PermataMobile X cek mutasi bisa dilakukan kapanpun kamu menginginkannya dengan lebih mudah. Semua riwayat transaksi kamu akan tersimpan dengan aman selama 12 bulan lamanya.

Praktis

Hanya bersama PermataMobile X, kamu bisa menikmati berbagai transaksi dengan lebih mudah, mulai dari buka rekening, cek rekening bank, cek riwayat transaksi, isi pulsa, bayar kartu kredit, hingga pengajuan pinjaman KTA.

Selain membawa beberapa keuntungan di atas, aplikasi PermataMobile X juga mampu melakukan beberapa hal lainnya, yaitu sebagai berikut.

  1. Cek mutasi rekening hingga 12 bulan lamanya. 
  2. Bayar berbagai jenis tagihan, mulai dari tagihan listrik, tagihan telepon, internet, dan lain sebagainya.
  3. Isi token listrik, pulsa, hingga e-wallet
  4. Buka rekening, cek rekening bank, kartu kredit, hingga mengajukan pinjaman dana KTA secara online. 
  5. Menunjang berbagai jenis transaksi investasi reksadana seperti penjualan, pembelian, hingga switching reksadana.
  6. Mendukung pembayaran dengan metode QR Pay di berbagai toko/merchant khusus terdekat. Tinggal scan barcode, tanpa perlu isi e-wallet.
  7. Tarik tunai tanpa perlu kartu ATM di seluruh gerai Indomaret dengan fitur Mobile Cash. 
  8. Berbagi dana ke sesama disertai kartu ucapan unik dengan fitur WhatsApp gift.
  9. Pengajuan kenaikan limit sementara pada kartu kredit.

Cara Mudah Daftar mBanking PermataMobile X

Untuk bisa menikmati cek rekening bank yang praktis dan semua kemudahan yang ditawarkan oleh PermataMobile X, mari daftar dengan menggunakan beberapa cara di bawah ini.

  1. Unduh PermataMobile X melalui Play Store untuk pengguna Android dan pengguna Apple melalui App Store.
  2. Klik mulai pada saat aplikasi terbuka.
  3. Pilih “ya” jika telah memiliki rekening PermataBank pada pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?”
  4. Pilih “tidak” pada pertanyaan tersebut jika kamu belum memiliki rekening PermataBank. Selanjutnya, kamu akan dipandu menuju PermataStore untuk buka rekening.
  5. Pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X”, pilih “tidak”.
  6. Tentukan apakah kamu akan melanjutkan pendaftaran menggunakan nomor rekening atau justru kartu kredit.
  7. Ikuti petunjuk berikutnya hingga user ID bisa kamu gunakan.

Dengan cara daftar yang mudah di atas seperti yang dijelaskan CariGaji.com, apalagi yang kamu tunggu? Daftar PermataMobile X sekarang, dan nikmati cek rekening bank yang praktis serta berbagai transaksi reksadana dalam satu genggaman!

Tinggalkan komentar