Penampilan Interview Kerja

Penampilan Interview Kerja – Interview merupakan tahapan terakhir sebelum kandidat diterima kerja di sebuah perusahaan. Proses ini bukan sekedar untuk mempertemukan HRD atau user dengan calon karyawan yang melamar.

Penampilan saat interview kerja menjadi salah satu poin penting yang dinilai oleh rekruiter. Yuk, simak informasi selengkapnya dibawah ini!

7 Tips Penampilan Interview Kerja

Penampilan Interview Kerja

Memakai pakaian yang sesuai dengan tipe perusahaan tempat menjalani wawancara kerja menjadi hal yang harus Anda perhatikan. Ada dua jenis tipe berpakaian yang harus dipilih, apakah formal atau kasual. Perusahaan korporat cenderung formal sedangkan startup lebih santai. Berikut ini cara yang harus diikuti, yaitu:

1. Mengenakan Kemeja

Jenis pakaian formal yang bisa Anda kenakan saat penampilan interview kerja adalah kemeja baik berbahan sifon, katun, polyester, dan lainnya. Beri kesan sederhana namun tetap formal dengan membuka kancing atas kemeja.

Jangan menggunakan jenis kemeja yang ketat dan terkesan seksi. Utamakan kenyamanan saat berpakaian agar lebih percaya diri

2. Hindari Menggunakan Celana atau Rok Berbahan Dasar Denim

Celana jeans memang nyaman bagi sebagian orang dan memberikan kesan modis di segala suasana. Namun, usahakan untuk menghindari celana yang berbahan dasar denim saat menjalani wawancara kerja terlebih lagi untuk perusahaan korporat. Bahkan meskipun bekerja di industri kreatif sekalipun.

Pilihlah bahan celana atau rok yang menutupi lutut dan bahannya tidak mudah kusut. Bahan polyester atau satin menjadi salah satu yang direkomendasikan. Penggunaan bahan bisa menjadi penilaian tersendiri bagi HRD.

3. Memperhatikan Motif Pakaian

Pakaian solid dengan warna polos adalah pilihan tepat yang bisa Anda ambil saat menjalani interview. Namun, jika ingin menggunakan pakaian bermotif, maka hindari motif seperti binatang, bunga, dan abstrak karena hal terrsebut dapat mendistraksi pewawancara. Pilih motif sederhana seperti garis atau kotak-kotak.

  • Cek : Kumpulan Tips Terbaik dan Terlengkap

4. Memperhatikan Warna Pakaian

Sebaiknya gunakan pakaian dengan warna yang dapat memberikan kesan positif karena ada yang namanya psikologi warna. Beirkut ini beberapa kesan dari warna yang secara tidak langsung bisa muncul pada pakaian yang dikenakan, di antaranya:

  • Hitam: memberikan kesan kepemimpinan, kekuatan, dan ketegasan
  • Biru: memberikan kesan kejujuran, stabil, percaya diri, kesetiaan, dan kredibilitas
  • Cokelat: memberikan kesan fleksibel dan dapat diandalkan
  • Abu-abu: memberikan kesan profesionalisme

Warna-warna netral seperti disebutkan di atas dapat memberikan kesan yang bagus dan menjauhkan dari kesan norak di mata interviewer.

5. Memilih Sepatu yang Tepat

Penampilan interview kerja tidak hanya pakaian saja yang menjadi penilaian di mata HRD, sepatu yang Anda kenakan juga tidak akan luput dari perhatian mereka. Coba perhatikan pemilihan sepatu dengan baik dan hindari menggunakan sandal jepit saat datang untuk wawancara kerja.

Gunakan sepatu dengan ujung yang tertutup untuk menimbulkan kesan formal. Selain itu, gunakan sepatu yang bersih dan jika kotor maka segera bersihkan. Hindari warna sepatu yang terlalu mencolok dan banyak manik-manik sehingga memberikan kesan berlebihan.

6. Memperhatikan Gaya Rambut atau Hijab

Penampilan interview kerja selanjutnya adalah pastikan rambut dalam keadaan rapi dan bersih agar terlihat profesional. Jika perlu cari referensi potongan rambut seperti apa yang tepat bagi pria atau wanita karir. Pastikan untuk tidak mewarnai rambut dengan warna cat lebay seperti ungu, merah, dan lainnya.

Bagi yang mengenakan jilbab, maka pilih warna sesuai dengan pakaian yang dikenakan. Hindari menggunakan hijab yang terlalu rumit dan banyak lilit sana-sini.

7. Memakai Parfum

Untuk penampilan interview kerja yang terakhir yakni gunakan parfum atau wewangian. Pakai parfum secukupnya saja dan jangan juga kebanyakan. Karena penggunaan parfum yang berlebihan juga akan menggangu Anda dan interviewer tersebut.

Gunakan parfum yang jenis. Misal, jika cowok menggunakan parfum khusus cowok begitu juga sebaliknya. Inget, jangan berlebihan ya! justru malah akan minus dan membuat interviewer tidak nyaman.

Selain faktor penampilan saat interview kerja, hal penting lain yang harus Anda perhatikan adalah ketepatan waktu saat datang wawancara. Ini akan menjadi penilaian dan poin plus di mata HRD. 

Nah, demikian informasi dari CariGaji.com mengenai tips penampilan interview kerja. Semoga informasi diatas bisa membantu dan dapat diterima diperusahaan baru!

Tinggalkan komentar