Pengertian Programmer, Tugas dan Tanggungjawab, Jenis, serta Skill Dasar yang Diperlukan

Programmer – Dunia IT akhir-akhir ini tengah berkembang. Munculnya beragam startup dan perusahaan berbasiskan tehnologi menjadi salah satunya argumennya. Hal itu selanjutnya membuat keperluan perusahaan akan seorang programmer turut meninggi.

Keadaan di atas membuat programmer dengan skill di atas rerata menjadi incaran. Karena banyaknya sedikit, tidaklah aneh beberapa perusahaan dan startup ikhlas memberi bayaran sangat tinggi, bahkan juga ada juga yang di atas CEO.

Tertarik pelajari status programmer? Yuk simak informasi dibawah ini, karena di sini akan diterangkan pengertian programmer, tugas tanggungjawab, jenis, dan skill dasar yang diperlukan.

Pengertian Programmer

Pengertian Programmer
Pengertian Programmer

Sama sesuai namanya, programmer ialah orang yang bertanggungjawab membuat suatu mekanisme dalam bahasa pemrograman. Prosesnya mencakup membuat, menulis code, sampai mengetes program sampai siap dipakai.

Mekanisme yang dibikin oleh programmer juga berbagai macam, dapat berbentuk web, situs app, software, atau program mobile. Untuk membuat juga, ada beberapa bahasa pemrograman yang perlu terkuasai, seperti PHP, Python, Java, JavaScript, dan yang lain.

  • Cek : Info Jabatan Pekerja di Perusahaan Indonesia

Nah, supaya sanggup membuat sebuah mekanisme yang bagus, programmer harus mempunyai ketrampilan bahasa pemrograman yang oke.

Tugas dan Tanggungjawab Programmer

Pada umumnya, tugas dari programmer ialah membuat dan meningkatkan sebuah program atau software. Pasti tugas ini berlainan dengan Full Stack Developer, baik dari tugas atau tanggung jawabannya walau ke-2 nya sama harus memahami bahasa pemrograman.

Tetapi, pada intinya ada beberapa tanggung-jawab yang lain yang perlu dijalankan oleh karier itu. Berikut sejumlah tugas dan tanggung jawabannya.

  • Mendeskripsikan keperluan Proyek.
  • Membuat Flowchart.
  • Menulis code program.
  • Mendebugging.
  • Mengetes program.

Jenis-Jenis Programmer

Jenis-Jenis Programmer

Walau mempunyai tugas yang banyak, tetapi ada banyak jenis programmer sama sesuai kepiawaiannya yang detil. Apa sajakah?

1. Situs Developer

jenis programmer pertama, yakni situs developer yang fokus membuat dan meningkatkan web. Sektor ini jadi benar-benar terkenal dan paling diperlukan karena makin besarnya keperluan web development.

Nach, ada tiga jenis situs developer yakni:

Front End Developer – Fokus pada penampilan atau design web dengan memerhatikan pemakai interface dan pengalaman pengguna. Bahasa pemrograman yang umum dipakai, yakni HTML, CSS, dan JavaScript.

Back End Developer – Bertanggungjawab supaya web bekerja yang baik, seperti server, database, coding, transisi data, dan yang lain. Biasa memakai bahasa pemrograman PHP, SQL, Phyton, Node JS, dan JavaScript.

Full Stack Developer – Kombinasi dari front end dan back end developer. tugasnya, pastikan penampilan web supaya unik dan intuitif, sekalian jaga konsistensi atau keamanan web.

2. Software Developer

Software developer ialah orang yang khusus membuat program atau software, baik rasio kecil atau jumlah besar, sama dalam perusahaan.

Nah, software yang diperkembangkan umumnya khusus untuk satu mekanisme operasi saja. Tapi saat ini, telah banyak software yang bisa berjalan pada beragam mekanisme operasi, seperti Windows, MacOS, Android, dan yang lain.

Disamping itu, seorang software developer membuat, mengurus, dan mengatur data software untuk memberikan dukungan performa yang maksimal.

3. Data Scientist

Sesuai namanya, jenis programmer ini lebih sering bergelut dengan data, bukan pembikinan program.

Sebagai seorang data scientist, Anda harus mempunyai skill yang tinggi dalam analitis data yang disokong dengan kekuatan matematika dan statistika yang bagus.

Ketrampilan seorang data scientist cukup diperlukan, khususnya dengan makin bertambahnya usaha online sekarang ini. Maka dari itu, jadi programmer di bagian ini lumayan menjanjikan pendapatan yang besar.

4. Data Administration

Seorang programmer database administration bergelut dengan data. Perbedaannya, jenis programmer ini mengurus keamanan data sebuah mekanisme atau program.

Bila ingin jadi seorang database administrator, Anda harus pelajari mengenai query fasilitas komunikasi data dengan database. Disamping itu, Anda pun perlu kuasai pengetahuan statistik dan analitis.

Dengan beragam skill berkaitan database yang terkuasai secara baik, tugas Anda semakin lebih gampang.

5. Mobile App Developer

Jenis programmer yang populer yakni mobile app developer. Mereka fokus pada peningkatan program mobile, baik berbasiskan Android atau iOS.

Pemakaian piranti mobile yang ringkas seperti handphone dan tablet, jadikan keperluan program mobile makin bertambah. Misalnya, program keuangan, transportasi, media sosial, dan lain-lain.

Bahkan juga sekarang ini sebagian besar tugas yang ditangani dengan desktop dapat dilaksanakan dari piranti mobile di mana saja.

Menjadi mobile app developer, Anda harus kuasai bahasa pemrograman, salah satunya C# dan Java.

Skill Dasar Programmer

Skill Dasar Programmer

Di dalam lingkungan yang makin bersaing, pemrogram computer tetap harus ikuti perubahan tehnologi. Ada waktunya, bahasa pemrograman yang mereka ketahui tidak dipakai kembali karena telah ketinggal jaman. Beberapa universitas tidak mengajari banyak bahasa pemrograman.

Keadaan itu membuat susah karena perusahaan menyenangi calon yang pakar dalam beragam bahasa pemrograman atau mempunyai pengalaman.

Menurut CariGaji.com, ada banyak skill dasar yang penting dipunyai dengan seorang programmer yang hendak memancing ketertarikan sebuah perusahaan. Berikut daftarnya.

1. Sanggup memakai Linux

Linux adalah mekanisme operasi piranti lunak. Walau awalannya diperkembangkan untuk computer individu, Linux sanggup saat ini bekerja pada semakin banyak basis dibanding mekanisme yang lain. Aksesbilitas berikut sebagai menarik.

Disamping itu, Linux ialah mekanisme operasi yang aman. Ini dapat disaksikan proses dari management paket, ide repositori, dan beberapa feature dalam Linux yang membuat lebih aman daripada mekanisme operasi lain, seperti Windows.

2. Pahami dan menulis lewat C++

C ++ menempatkan dasar bahasa pemrograman untuk bahasa selanjutnya, seperti C #, D, dan Java. Banyak programmer memakai C ++ saat membuat infrastruktur piranti lunak dan program terbatas sumber daya, seperti program desktop atau server e-commerce.

Pada umumnya, C++ memberi keuntungan karena syntax yang dipakainya sangat sederhana. Disamping itu, bahasa pemrograman ini unggul dibanding lainnya dalam memberi performa dan memakai sumber daya mekanisme secara efektif.

3. Kolaborasi team

Membuat set perintah dan bekerja dalam waktu secara singkat membuat tugas programmer jadi susah. Hal itu lalu membuat tiap perusahaan mengaplikasikan ketentuan pembagian sisi untuk programmer pada sebuah set perintah.

Membagikan tiap set perintah ke beberapa orang terang tidak gampang. Mereka lalu dituntut untuk mempunyai kekuatan bekerja sama di dalam team supaya sanggup menyamai misi dan menuntaskan tiap set perintah dengan sama bagusnya.

4. Penyelesai permasalahan

Ada saatnya tiap set perintah yang dibikin jalan susah. Ada saat di mana perintah tidak dapat digerakkan, ada saatnya juga pembikinan perintah memerlukan waktu yang banyak.

Maka dari itu, diperlukan programmer yang sanggup menuntaskan tiap permasalahan. Bukan hanya dituntut untuk menuntaskan tiap permasalahan. Mereka harus juga mempunyai karakter open minded dan sabar. Masalahnya ada saatnya apa yang telah dibikin mendapatkan kritik dan memaksakan mereka menulis kembali code.

Nah, demikian informasi dari CariGaji.com mengenai pengertian programmer, tugas dan tanggungjawab, jenis, serta skill dasar yang diperlukan. Semoga bermanfaat ya guys!

 

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari CariGaji.com di Google News

  • Tinggalkan komentar

    close