Staff Gudang

Staff Gudang – Orang-orang yang sedang mencari pekerjaan tentu sudah tidak asing lagi dengan posisi staff gudang. Mereka seringkali menyebutnya menggunakan istilah warehouse. Pasalnya profesi ini kerap ditemui di berbagai situs lowongan kerja sehingga cukup terkenal. Lantas apa saja tugas dan kualifikasinya?

Definisi Staff Pergudangan

Staff Gudang

Divisi pergudangan ini merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan penyimpanan barang baik bahan baku atau hasil produksi. Biasanya staff gudang juga melakukan perawatan pada barang tersebut agar tetap terjaga kualitasnya sebelum masuk ke proses pengolahan atau diedarkan.

  • Cek : Info Jabatan Pekerja di Perusahaan Indonesia

Kendala yang seringkali dihadapi untuk manajemen gundang yakni terletak pada akurasi pergerakan barang dan perhitungan rentang waktu penyimpanan barang. Tentunya dalam menjalankan pengelolaan tersebut diperlukan kerja sama tim.

Maka dari itu, di dalam divisi pergudangan ini akan dibagi menjadi beberapa jabatan lagi mulai dari kepala gudang, staff gudang, operator dan admin gudang. Mereka memiliki tugas masing-masing dan dituntut harus selalu kompak karena tanggung jawabnya pun saling berkaitan.

Tugas dan Kualifikasi Masing-Masing Jabatan Divisi Pergudangan

Telah disinggung sebelumnya, bahwa di dalam divisi pergudangan dibagi lagi menjadi beberapa jabatan karena mereka memiliki tugas masing-masing. Jobdesk dan kualifikasinya juga sudah disesuaikan dengan keahlian dan ketrampilannya. Berikut ulasannya:

1. Kepala Gudang

Seorang kepala gudang mempunyai tugas sesuai pada bidang kerja perusahaan. Namun sebenarnya tanggung jawab mereka adalah sama. Pertama yakni menjadi pemimpin untuk semua staff gudang, membuat perencanaan pengadaan dan distribusi barang hingga melakukan controlling operasional.

Beberapa kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi seorang kepala gudang adalah Pendidikan minimal D3/ S1, pengalaman kerja 3 tahun, usia maksimal 35 tahun, memiliki jiwa kepemimpinan dan memiliki pemahaman mengenai manajemen pergudangan.

2. Staff Gudang

Beberapa perusahaan menetapkan bahwa posisi staff gudang hampir setara dengan leader gudang. Tentu saja tugasnya pun sedikit berbeda dengan kepala gudang, antara lain menjadi pemimpin bagi operator, melakukan pembagian tugas, membantu supervisor dan controlling atas bongkar pasang.

Bagi Anda yang tertarik untuk bekerja sebagai staff gudang, maka ada beberapa kualifikasinya. Diantaranya adalah minimal Pendidikan SMA dan D3, berjenis kelamin laki-laki, pengalamankerja minimal 1 tahun, paham akan administrasi gudang, maksimal usia 30 tahun dan skill komunikasi.

3. Operator Gudang

Dalam kesehariannya, operator gudang memiliki beberapa tugas antara lain melakukan briefing pagi untuk menyusun perencanaan, menerima barang masuk, menata barang di gudang, menyiapkan barang sebelum dikirimkan dan juga melakukan pengecekan dan perhitungan jumlah barang.

Seorang operator gudang harus memiliki fisik yang prima karena umumnya mereka perlu lembur hingga larut malam. Terlebih ketika angka permintaan sedang tinggi-tingginya. Selain itu, juga mempunyai ketelitian luar biasa demi meminimalkan terjadinya kekeliruan informasi kepada admin gudang.

4. Admin Gudang

Seorang admin gudang harus mampu mengoperasikan komputer dengan baik baik Ms. Word, Ms. Excel hingga aplikasi pengelolaan stok barang lainnya. Satu hal yang pasti adalah mereka wajib memiliki ketelitian tinggi dalam hal pencatatan barang masuk dan keluar.

Beberapa tugasnya antara lain mengecek dan mencatat barang masuk keluar gudang, memeriksa kondisi barang agar tetap terjaga kualitasnya, melakukan penerimaan barang retur akibat kesalahan pengiriman, mencocokkan data di komputer dengan persediaan fisik dan lain-lainnya.

Itulah tadi beberapa posisi yang ada pada divisi pergudangan selain staff gudang menurut CariGaji.com. Mereka pun memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Maka dari itu, dalam sebuah tim diperlukan sebuah kekompakan agar pekerjaan menjadi efektif dan efisien.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari CariGaji.com di Google News

  • Tinggalkan komentar

    close