Content Writer

Content Writer – Profesi ini tidak asing lagi dalam dunia tulis menulis di industri kreatif. Umumnya, pekerjaan ini pasti selalu berhubungan dengan informasi-informasi menarik di blog atau situs website. Namun seiring waktu berjalan, seorang content writer kini juga sudah mulai merambah ke konten-konten produk atau jasa.

Pengertian Content Writer

Content Writer

Content writer adalah pekerjaanmembuat konten menarik di media online dalam bentuk teks atau tulisan. Profesi satu ini sangat cocok untuk Anda yang punya bakat menulis dan segudang ide-ide kreatif. Jadi tidak heran kalau banyak pebisnis digital yang memburu orang yang ahli di bidang ini.

Sejak bisnis konvensional berevolusi ke digital, content writerjadi profesi yang populer belakangan ini. Banyak pebisnis yang memakainya untuk mengembangkan blog atau situs webnya demi mendatangkan visitor yang banyak. Mereka mulai menyadari di era ini representasi bisnis jadi hal yang penting.

Tulisan yang dipublikasikan biasanya berupa informasi menarik, referensi topik sehari-hari, dan bisa juga kelebihan suatu produk atau jasa. Tujuannya supaya menghidupkan situs dan sebuah brand tampak bernilai dan banyak peminatnya. Mereka ikut berperan dalam menjaga citra perusahaannya.

Fungsi Content Writer

Profesi ini berfungsi sebagai play maker dalam pengembangan website, atau pemasaran produk. Biasanya bisa dilakukan secara individu ataupun kerja tim.

Kalau kerja tim, mungkin pekerjaan akan lebih mudah. karena bidang yang menuntut kreativitas ini otomatis akan semakin melimpah ide jika banyak kepala juga.

Fungsi lainnya adalah sebagai penanggungjawab trafik pembasa web setiap bulanannya. Di sini kinerja content writer dinilai bagus atau tidaknya dilihat dari berapa banyak pembaca website. Hal ini karena pembaca sangat berhubungan dengan perkembangan sebuah kelangsungan situs online.

  • Cek : Info Jabatan Pekerja di Perusahaan Indonesia

Dalam hal produk, kalau penjualan semakin lama makin menurun, berarti seorang content writer belum memaksimalkan kerjanya. Maka perusahaan atau pebisnis perlu untuk mengevaluasi kinerja pekerjanya. Karena mendatangkan visitor sebanyak-banyaknya adalah kunci situs online perkembang pesat.

Tugas dan Tanggung Jawab Content Writer

Pekerjaan ini memang membutuhkan keterampilan khusus selain kreativitas tanpa batas. Pebisnis yang memiliki seorang atau tim content writer menggantungkan trafik webnya pada bidang ini. Oleh karenanya, tugas dan tanggung jawab tentu tidak semudah orang awam melihatnya. Lebih lanjut, berikut ulasanya:

1. Menghasilkan Konten yang Kreatif dan Up To Date

Semua yang berkaitan dengan blog atau web menuntut kreativitas tinggi dan pasti akan menjaring orang-orang yang bertalenta. Seperti content writer, ia dituntut untuk mengasah skillnya agar selalu bisa menyajikan ide-ide cemerlang setiap hari dan memahami konten relefan di setiap media online.

Profesi ini juga menuntut penulis artikel untuk melakukan updatedan distribusi pada isi web atau blog berupa artikel rutin dan konten-konten menarik lainnya. Kemampuan yang akan berguna dalam hal ini biasanya adalah pengoperasian CMS dari website pebisnis atau sebuah perusahaan.

2. Menyajikan Ide yang Out of The Box

Konten yang dimaksudkan mengarah pada informasi-informasi yang banyak dicari pengguna media online. Untuk itu, kalau Anda seorang content writer, Anda dituntut untuk menghasilkan konten “out of the box”. Hal ini bisa jadi faktor kesuksesan menciptakan situs online yang terpercaya dan berkualitas.

Anda bisa mencari ide unik dari hal-hal yang belum pernah terjadi tapi ada hubungannya dengan trend kekinian.Bisa juga dengan mengkolaborasikan apa yang sedang viral, dengan apa yang paling disukai kebanyakan masyarakat. Di sini, jiwa penelitimu harus digunakan dan daya khayal harus dikeluarkan.

3. Menguasai Berbagai Platfrom Media Online dan Paham Trend Terkini

Posisi ini juga dituntut untuk menguasai berbagai platform media sosial dan online. Content writer wajib mengamati trend terkini masyarakat untuk dijadikan sebagai bagian pembahasan. Dalam pemasaran, biasanya akan ditugaskan sebagai mata perusahaan dalam mengamati perilaku daya konsumtif konsumen.

Karena target kebanyakan adalah pengguna aktif media online (Twitter, Instagram, Facebook, Website, Blog), agaknya Anda harus punya beberapa akun media sosial untuk melancarkan siasat ini. Kemudian sering-seringlah berselancar di dunia maya agar proses penelitian tentang mereka jadi lebih maksimal.

4. Dituntut Bisa Jadi Apapun dan Siapapun

Profesi ini berkaitan dengan klien pebisnis dan konsumen sebagai target sasaran, yang mana keduanya memiliki latar beraneka ragam. Untuk itu, Anda dituntut untuk bisa luwes, tahu dasar dari berbagai topik, dan fleksibel. Ini sangat berguna untuk penyesuaian diri dengan kebutuhan pengguna media online akan informasi.

Contohnya, Saat akan membuat konten tentang kesehatan. Ketika menulis, Anda harus sedikit banyak punya wawasan mengenai cara hidup sehat dan apa saja yang bisa mendatangkan penyakit. Tidak harus secara detail atau khusus, cukup secara umum atau dasar-dasarnya saja. Maka harus banyak membaca.

Syarat Menjadi Content Writer

Seperti di awal tadi, jadi content writer harus punya jiwa kreativitas yang tinggi, unik, dan menarik. Karena pasti orang-orang akan lebih tertarik pada sesuatu hal yang unik dan beda dari yang lain. Ini bisa juga menjadi strategi yang cukup jitu untuk menarik minat pembeli saat Anda bertugas di bidang ini.

Selanjutnya Anda harus punya skill menulis yang unik dan baik. Perbanyaklah kosa kata dan sering mempelajari bahasa-bahasa pemasaran sampai periklanan, dengan tetap “keep up with the new trend”. Jangan menyajikan konten yang basi, terlalu biasa saja, apalagi mainstream sudah dipakai banyak orang.

Pekerjaan ini juga harus memiliki pemahaman yang baik tentang rangkaian kata keratif, tata bahasa menarik, dan ejaanbaik. Karena dengan kata-kata itulah yang nantinya akan berfungsi memikat hati para pembaca.Jangan lupa untuk kerja dengan kinerja yang terus meningkat dan profesional.

Gaji Seorang Content writer

Pebisnis besar digital dalam mengelola website mampu menghasilkan omset jutaan dalam satu bulan. Bagi Anda yang menjadi bagian content writer, gaji yang diterima bisa mencapai sekitar 2 sampai 3 juta rupiah. Kalkulasi jumlah gaji ini berdasarkan data dari situs website lowongan kerja indeed.

Jika menjadi profesional freelance content writer Anda bisa bebas mencari partner kerja dengan siapapun dari dalam negeri atau luar negerti. Tentu juga tidak terikat dengan perusahaan atau aturan di atasnya. Untuk freelance ini rata-rata berkisar antara juta sampai 3,5 juta untuk sekali proyek penulisan konten.

Untuk freelance konten yang belum profesional atau pemula umumnya berkisar 1 juta sampai 1,5 juta per bulannya. Biasanya gaji yang diterima tergantung seberapa banyak jumlah konten tulisan yang dibuat. Semakin banyak menulis tentu pundi-pundi rupiah yang dihasilkan juga makin melimpah.

Penutup

Dilansir CariGaji.com, content writer adalah pekerjaan yang bisa diasah dan dipelajari oleh siapapun. Bagi Anda yang mengincar dan suka dengan profesi ini, masih ada waktu untuk belajar mengembangkan kemampuan dan ide-ide cemerlang. Prospek kerja yang cukup menjanjikan di era serba digital ini jangan sampai disia-siakan begitu saja.

Tinggalkan komentar