Definisi dan Tugas Social Media Marketing

Social Media Marketing – Salah satu posisi yang ada pada sebuah perusahaan adalah social media marketing. Tentu saja mereka memiliki tugas masing-masing yakni berhubungan dengan pemasaran dimana lebih banyak menggunakan sosmed sebagai media pemasarannya.

Definisi Social Media Marketing

Social Media Marketing

Social media marketing ini ditujukan untuk tugas pekerja yang menggunakan sosmed dalam memasarkan produk atau jasa. Target pasarnya adalah pengguna platform sosial media itu sendiri. Di Indonesia, setidaknya terdapat 96 juta akun aktif sehingga terbilang cukup potensial.

Sosial media ini tidak hanya dijadikan sebagai sarana untuk mengunggah gambar namun juga mampu meningkatkan angka penjualan. Saat ini Anda pun tentu sudah mengetahui banyak akun sosmed digunakan berbisnis baik skala kecil maupun besar.

  • Cek : Kumpulan Jabatan Perusahaan di Indonesia

Ada banyak keuntungan yang diperoleh dari pengaplikasian social media marketing ini. Lapak promosi lebih murah, meningkatkan lalu lintas akun sosmed dan website pribadi, memperluas jangkauan pemasaran hingga mempunyai fleksibilitas untuk menjalankan paid invertising.

Tanggung Jawab dari Social Media Marketing

Dalam menjalankan tugasnya, ada beberapa tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang social media merkting. Sebenarnya tidak begitu jauh dari social media specialist namun sebenarnya kewajibannya justru lebih besar.

Pertama yakni mengembangkan strategi sosial media sekaligus menetapkan goals guna meningkatkan brand awareness dan jumlah engagement. Selain itu mereka juga wajib untuk mengatur semua aktivitas platfrom mulai dari Facebook, Instagram sampai YouTube.

Berikutnya mereka juga wajib untuk mengembangkan kompetisi dan campaign guna mempromosikan brand dari perusahaan. Beberapa dari social media marketing juga menciptakan konten multimedia bersifat efektif dalam bentuk blog dan artikel yang menarik.

Skill yang Harus Dimiliki oleh Social Media Marketing

Tidak sembarangan orang bisa menduduki posisi social media marketing. Hal ini menjadi alasan mengapa sebuah perusahaan pun memiliki persyaratan ketika hendak membuka lowongan di bidang satu ini. Berikut diantaranya:

1. Copywriting

Ketika menjadi seorang social media marketing, ketrampilan menulis memang lebih banyak dibutuhkan. Hal ini mencakup penulisan content plan hingga pitch untuk klien baru. Tidak menutup kemungkinan apabila manager masih mengurusi beberapa akun walau porsinya lebih sedikit.

Namun setiap brand sebenarnya memiliki beberapa karakteristik dan target audiens yang berbeda. Tugas utamanya yakni untuk menyesuaikan cara menulis agar sesuai kebutuhan brand itu sendiri. Kemampuan copywriting ini mampu menciptakan penulisan pendek namun tetap menarik.

2. Riset

Kemampuan riset juga tidak boleh dilupakan. Dengan bekerja di bidang social media markering, maka Anda harus sudah bisa berpikir dan bekerja di dalam tim. Kemampuan ini dibutuhkan untuk selalu mencari tren terbaru dan style up to date agar bersaing dengan competitor.

Selain itu riset juga bertujuan untuk mencari inspirasi dan mengasah kreativitas. Apabila orang-orang di bidang pemasaran hanya terpaku pada cara-cara yang lama, maka bisa dipastikan promosi tidak akan berkembang dan maju.

3. Pengetahuan SEO

Strategi yang bisa Anda terapkan dalam pengembangan sosial media adalah menggunakan sosial media. Seorang pekerja di bidang ini sudah seharusnya memiliki kemampuan dan pengetahuan lebih mengenai hal ini.

Konten yang menarik merupakan strategi SEO dimana sosial media berperan sebagai pendukung utamanya. Jadi tidak hanya sekedar mengunggah konten namun juga memperhatikan banyak faktor untuk menyesuaikan dengan target pasar.

Itulah tadi beberapa tanggung jawab menurut CariGaji.com yang pasti dimiliki oleh seseorang ketika bekerja di bidang social media marketing. Ada banyak kemampuan dan ketrampilan harus mereka miliki sehingga tidak hanya sekedar mengunggah konten di sosmed saja.

Tinggalkan komentar