Operator (OPR)

Operator (OPR) – Dalam dunia profesi, istilah Operator (OPR) tentu sudah tidak asing lagi. Pasalnya hampir disetiap perusahaan ataupun industri posisi tersebut tersedia. Perihal tugasnya tentu tergantung dengan jenisnya. Salah satu diantaranya adalah produksi.

Pengertian Operator (OPR)

Secara umum, pengertian dari operator adalah seseorang yang bertugas mengoperasikan sesuatu sesuai dengan bidangnya. Jadi, bisa disimpulkan bahwa peran sosoknya merupakan pengoperasian seperti mesin aa tau apapun berdasarkan tugas yang diberikan perusahaan.

Seperti pegawai produksi secara definisi adalah seseorang yang mengopersikan serta mengelola seluruh aspek produksi. Mulai dari penggunaan mesin, kontrol barang dan masih banyak lagi lainnya. Semua tergantung pada posisi, tugas dan tanggung jawab yang diemban.

  • Cek : Info Jabatan Pekerja di Perusahaan Indonesia

Akan berbeda definisinya apabila diterapkan pada operator telepon. Karena pengertiannya menjadi seseorang yang bertugas mengangkat atau melakukan telepon untuk kepentingan perusahaan. Jadi bisa disimpulkan bahwa ialah sosok yang mengoperasikan.

Tugas Operator (OPR)

Jika bicara mengenai tugas Operator (OPR) maka jawabannya akan sangat bervariatif. Hal tersebut kembali lagi pada bidang yang dikerjakan ataupun perusahaannya. Namun secara umum ada beberapa peran yang diemban oleh seorang pekerja, berikut diantarnya.

1. Mengoperasikan Mesin/Peralatan

Sesuai dengan definisinya, tugas utama dari operator adalah mengoperasikan mesin atau sebuah peralatan khusus. Dalam hal ini semua bergantung pada perusahaan tempatnya bekerja. Apabila bergerak dibidang industri maka menjalankan mesin produksi.

Seorang yang mengisi posisi sebagai posisi tersebut tentu sangat wajib menguasai bidangnya. Hal tersebut dikarenakan tugasnya adalah mengoperasikan mesin yang perlu ditangani secara khusus. Baik dalam bidang produksi ataupun lainnya, Anda harus memahami peralatannya.

2. Membuat Laopran Kerja

Teelepas dari perannya sebagai sosok yang mengoperasikan mesin ataupun peralatan, tugas lainnya adalah membuat laporan kerja. Operator wajib melapor hasil pekerjaannya dalam kurun waktu yanh ditentukan. Hal tersebut berguna untuk memastikan produktivitas.

  • Baca Juga : Pengertian Direktur, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

Seperti misalnya pekerja produksi. Maka tugasnya iaalah membuat laporan selama bekerja. Baik mengenai produksi barang, target pencapaian hingga berbagai macam hal lainnya. Bahkan termasuk perihal adanya kendala dan risiko pada saat berlangsungnya pekerjaan.

3. Mematuhi Perintah Atasan

Selain membuat laporan kerja dan mengoperasikan mesin, tugas operator yang perlu diperhatikan yakni mematuhi perintah atasan. Sebab tanpa perintah dari atasan pun pekerja tidak akan mampu menyelesaikan pekerjaan dan tugasnya.

Dalam mematuhi perintah atasan pun seorang pekerja dapat memahami dan menyelesaikan tugas kerjanya agar sebuah perusahaan khususnya pada bidang industy dapat berjalan dengan lancar. Selain tugas operator tak kalah pentingnya dengan tanggung jawab seorang operator.

Tanggung Jawab Operator (OPR)

Selain mengemban tugas yang cukup banyak dan bervariatif, seorang karyawan juga diberikan tanggung jawab dan terbilang tidaklah ringan. Oleh karena itu profesi ini dibutuhkan sosok ahli yang dipastikan mampu mengelola bidangnya. Berikut beberapa diantaranya.

1. Menghasilkan Kualitas Terbaik dan Mencapai Target

Peran dari seorang posisi tersebut yang bergerak dalam bidang produksi maka tanggung jawabnya utamanya adalah memastikan kualitas. Hal tersebut dikarenakan sudah menjadi tugasnya guna mengelola hasil. iItulah mengapa sosoknya diwajibkan untuk paham akan perannya.

Pasalnya, perusahaan ataupun sebuah industri sangat mengandalkan sosok dalam hal kualitas produksi. Karena posisi tersebutlah yang secara langsung melakukan pengelolaan serta pengontrolan. Selain itu, bertanggung jawab juga atas target yang telah ditentukan.

2. Menjaga Produktivitas Dan Meminimalisir Risiko Kerusakan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tugas seorang karyawan bukan hanya sekedar mengoperasikan saja. Menjaga produktivitas juga merupakan tanggung jawab yang harus diemban. Apabila terjadi kemacetan produksi misalnya, maka harus segera diperbaiki.

  • Simak : Pengertian HRD, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

Selain itu, tanggung jawab lainnya adalah memastikan bahwa semua kebutuhan pengoperasian dalam kondisi aman. Baik pada bidang produksi ataupun jenis lainnya. Kemudian peran lainnya adalah berusaha meminimalisir adanya kendala dan kerusakan.

Itulah tadi pembahasan dari CariGaji.com mengenai Operator (OPR) mulai dari pengertian g hingga tugas dan tanggung jawabnya. Pada dasarnya ada banyak sekali profesi yang menjabat sebagai operator. Hal tersebut juga membuat perannya menjadi cukup bervariatif.

Tinggalkan komentar