Manajer

Manajer – Pastinya, Anda tidak akan asing lagi dengan kata “Manajer”, sebab profesi tersebut menjadi salah satu jajaran penting dalam suatu perusahaan. Namun demi menduduki posisi ini, tentu harus disertai dengan keinginan dan keja keras yang lebih exstra.

Pengertian Manajer

Manajer

Manajer adalah suatu profesi yang memiliki tanggung jawab untuk mengkoordinasi semua kegiatan dalam perusahaan demi mencapai tujuannya. Pemegang jabatan ini harus memiliki pengetahuan dan pengalaman serta keterampilan khusus.

Dengan begitu, akan mereka dapat menjadi pengatur, pemimpin, pengelola serta pengendali jalannya bisnis. Selain itu, sebagai pimpinan ada tuntutan lain yang harus terwujud, yakni pengembangan organisasi tersebut agar dapat meraih tujuan serta visi dan misi.

Menjadi manajer sebuah perusahaan bukanlah hal yang mudah. Anda harus pandai dalam haruslah orang yang berpengalaman dan memiliki keterampilan khusus dalam bidang tersebut. Dengan demikian, akan tercipta hasil yang lebih maksimal lagi.

Beberapa Fungsi Manajer

Manajer memiliki beberapa fungsi yang harus terlaksana selama menjabat dalam jajaran ini. Di antaranya yakni perencana, pengorganisasi, pelaksana dan pengawas. Berikut penjelasannya:.

1. Perencana

Fungsi perencana adalah membuat susunan planning, tujuan, tata cara, kebijakan, keuangan dan berbagai program lain. Hal ini akan dijalankan perusahaan selama satu kali masa jabatan. Dalam penyusunan rencana tersebut, manajer harus dapat memperkirakan bagaimana langkah kedepan.

Oleh sebab itu, koordinasi yang tepat memang dibutuhkan antara pihak manajer dan seluruh jajarannya (tidak terkecuali karyawannya juga). Dengan kerja sama penuh dari seluruh pihak seperti ini, maka akan terwujud sistem perencanaan yang sesuai sasaran.

2. Pengorganisasi

Selanjutnya yakni fungsi pengorganisasi. Memiliki tujuan untuk menghasilkan struktur-struktur tertentu menjadi beberapa opsi yang tersusun secara rapi. Dengan demikian dapat tercipta kesatuan dalam hubungan sesama bagian-bagiannya.

Salah satu fungsi adanya pengorganisasi ini adalah menciptakan struktur yang baik dalam perusahaan. Dapat juga mempererat hubungan antar sesama jajaran dan karyawan. Selanjutnya, menghasilkan suatu kesatuan demi mewujudkan manajemen yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

3. Pelaksana

Seorang manajer harus mampu untuk memberikan arahan dan pergerakan, agar dapat melakukan fungsinya dengan baik, khususnya dalam hal pelaksana. Setelah proses pengorganisasi telah selesai, maka proses selanjutnya adalah pelaksana kegiatan.

  • Cek : Info Jabatan Pekerja di Perusahaan Indonesia

Fungsi perencana ini berguna untuk keefektifan dan keefisienan pergerakan perusahaan. Dengan begitu, manajer dapat melakukan tugasnya secara maksimal. Sementara itu, pada sisi lain pimpinan juga tetap harus mengarahkan aktivitas karyawan dan jajarannya.

4. Pengawas

Pengawas atau controlling merupakan fungsi dalam hal pengendalian dan penilaian perjalanan kegiatan organisasi. Supaya dapat dengan mudah menggapai tujuan dan sasaran yang telah sama-sama semua pihak tentukan sebelumnya.

Manajer bertugas untuk melakukan pengawasan semaksimal mungkin agar semua konsep yang sudah Anda buat bersama-sama dapat terlaksana dengan baik. Kemudian, hasilnya juga bisa sesuai dan tepat sasaran seperti rencana awal.

Tugas Manajer

Tugas dari jabatan ini adalah memajukan dan mengembangkan serta mengawasi proses atau kinerja jajarannya, termasuk juga di dalamnya karyawan perusahaan. Berikut adalah penjelasannya:

1. Memimpin Perusahaan atau Lembaga

Pemegang jabatan manajer harus mampu memimpin perusahaan. Hal ini menjadi tugas pokok dan pekerjaan utama dari jabatan yang diemban. Ada dua penjabaran lain mengenai cara pimpinan lembaga.

Pertama, manajer pemasaran mendapatkan tugas sebagai pengatur langkah atau strategi untuk meraih tujuan. Kedua, manajemen produksi mendapatkan bagian mengatur cara menyelaraskan kegiatan produksi dengan sasaran perusahaan.

2. Mengatur serta Mengendalikan Perusahaan

Selain memimpin, seorang manajer juga harus bisa mengatur dan mengendalikan jalannya perusahaannya. Untuk itu, perlu adanya koordinasi bersama para karyawan dan jajarannya. Dengan begitu, dapat terwujud sesuai sasaran yang telah Anda rencanakan.

Manajer juga mendapatkan tuntukan untuk dapat mengatur dan mengendalikan sumber daya manusia yang ada di perusahaannya. Pemanfaatannya harus terlaksana secara efektif dan efisien. Maka hasilnya lembaga tersebut akan bisa berjalan sesuai dengan tujuan awalnya.

3. Memupuk Rasa Percaya pada Sesama Karyawan

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah sesekali mengajak karyawan dan jajaran komunikasi. Kemudian mengarahkan mereka untuk saling bekerja sama dalam sebuah tim. Bimbing secara perlahan dan jangan sampai membebaninya.

Dengan adanya komunikasi yang baik dari pihak manajer dan karyawan, maka akan tercipta rasa saling percaya satu sama lain. Selain itu, hal ini juga menjadi salah satu kewajiban bagi pemilik jabatan tertinggi dalam perusahaan atau lembaga tersebut.

Tanggung Jawab Manajer

Selain tugas, seorang manajer juga memiliki tanggung jawab cukup besar dalam suatu perusahaan. Khususnya dalam hal menjalankan manajemen lembaga secara efisien dan efektif. Berikut adalah beberapa tanggung jawabnya:

1. Meraih Tujuan dan Sasaran Perusahaan

Tanggung jawab seorang manajer yang paling utama adalah meraih tujuan dan sasaran perusahaan. Tercapainya hal tersebut akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi diri Anda dan lembaga tersebut. Profesi ini menjadi perencana sekaligus pelaksana selama perusahaan berjalan.

Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang tepat, Anda memerlukan kerja sama dan koordinasi dengan semua karyawan perusahaan. Manajer memang menjadi perencana dalam hal ini, akan tetapi tetap perlu adanya kerja sama antar karyawan lembaga tersebut.

2. Seluruh Proses dalam Perusahaan

Seluruh proses dalam perusahaan secara umum menjadi tanggung jawab jabatan ini. Mulai dari tahap perencanaan hingga pada evaluasi. Harus ada kepastian bahwa segala macam aktivitas dapat berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, hal ini menjadi tanggung jawab terbesar bagi jabatan ini. Baik secara individu maupun kelompok (tim).

Syarat Menjadi Seorang Manajer

Untuk dapat memperoleh jabatan ini, Anda harus memenuhi banyak persyaratan yang menjadi ketetapan sebelum menjadi pimpinan dalam sebuah perusahaan. Berikut diantaranya:

  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Bisa bersikap sopan santun
  • Mempunyai kemampuan pendengaran yang baik
  • Dapat memberikan sanjungan kepada orang lain
  • Mampu untuk menjalin serta menjaga hubungan yang baik kepada sesama karyawan
  • Bisa bersikap profesional ketika bekerja
  • Mampu untuk menyampaikan ketika ada berita buruk mengenai perusahaan
  • Mau untuk mengkritik sesama
  • Dapat melakukan proses tawar menawar

Gaji Manajer

Memegang jabatan tertinggi ini dalam perusahaan adalah suatu hal yang dapat dikatakan sulit dan memerlukan kerja keras ekstra. Karena alasan inilah, gaji pekerjaan ini juga cukup tinggi dan bahkan bisa melebihi batas maksimal.

Hal itu dapat terjadi, apabila Anda memiliki keahlian khusus yang orang lain miliki. Itu dapat menjadi nilai tambah tersendiri. Sekaligus meningkatkan dan menambah jumlah gaji yang perusahaan berikan selama masa jabatan.

Gaji untuk jabatan tertinggi dan terpenting ini berkisar sekitar Rp. 45 juta setiap orangnya (namun ini tidak paten). Tergantung bagaimana kebijakan perusahaan tempat individu tersebut bekerja. Juga kemampuan yang dimiliki.

Penutup

Manajer memegang peranan sangat penting dalam berjalannya sebuah perusahaan. Tugas dan tanggung jawab untuk memimpin dan mengelola lembaganya. Termasuk juga fungsi-fungsi lainnya yang sangat berpengaruh besar dalam mencapai tujuan usaha tersebut.

Syarat untuk bisa mendapatkan jabatan ini memang cukup sulit. Anda akan mendapatkan tuntutan untuk dapat berkomunikasi dengan baik, bersikap profesional di manapun tempatnya. Serta mampu menjaga hubungan terhadap sesama karyawan perusahaan.

Demikian penjelasan dari CariGaji.com mengenai manajer: pengertian, fungsi, tugas dan tanggung jawab, syarat menjadi, serta gaji. Anda dapat memperoleh lebih banyak informasi lainnya di laman ini.

Beri Penilaian

Tinggalkan komentar