SEO Specialist

SEO Specialist – Dalam dunia digital, pekerjaan SEO Specialist sebenarnya sudah sangat populer. Apalagi bagi para pebisnis unik seperti startup yang mengandalkan internet sebagai media utamanya untuk promosi dan berinteraksi dengan konsumen.

Pengertian SEO Specialist

SEO Specialist

SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah teknik untuk mengoptimasi mesin pencari sehingga situs seseorang bisa ter-up. Istilah lainnya adalah website tersebut bisa muncul pada halaman pertama mesin pencari.

Jadi, SEO Specialist artinya adalah seseorang yang berkutat pada mesin pencari atau ahli SEO dengan skill khusus sehingga bisa memenangkan strategi marketing di internet. Dari hasil kinerjanya itu, maka sebuah situs akan berada pada urutan nomor satu mesin pencari.

Adanya jasa SEO benar-benar akan membantu meningkatkan lalu lintas sebuah situs. Jadi, tidak heran jika banyak perusahaan yang memanfaatkannya untuk menjangkau konsumen dengan area lebih luas.

Fungsi SEO Specialist

SEO adalah bagian terpenting dalam dunia digital marketing dan perannya cukup krusial. Jad, sudah pasti ketika membahasnya, maka akan terus mem bicara soal target pasar. Peran atau fungsi dari SEO specialist ini sendiri cukup banyak, diantaranya:

1. Brand Awareness

Pada zaman sekarang ini, dunia digital memiliki peran penting dalam pemasaran sebuah produk. Bahkan bukan lagi tentang bagaimana sebuah brand mencari pelanggannya dan berusaha menjangkau target secara aktif.

Dalam versi digital, keberadaan SEO akan membantu sebuah brand ditemukan oleh pelanggannya sendiri. Akan tetapi, sebagai pemilik bisnis tentu harus melakukan usaha supaya konsumen bisa menemukannya. Salah satunya dengan memanfaatkan mesin pencari.

2. Appeal

Fungsi SEO specialist untuk teknik marketing digital ini adalah mengusahakan supaya sebuah situs bisa menarik para user. Hal ini pun membutuhkan effort yang cukup dan tidak bisa sembarangan. Misalnya berkolaborasi dengan tim UI dan memastikan bahwa website sudah user  friendly.

  • Cek : Info Jabatan Pekerja di Perusahaan Indonesia

Selain itu, ada banyak faktor yang menentukan apakah seorang user tertarik dengan produk tersebut ataukah tidak. Maka, disinilah fungsi dari SEO specialist, bahwa ia harus memastikan situs benar-benar memiliki konten berkualitas.

3. Membuat Situs Terjadi Interaksi

Salah satu fungsi dari jasa tersebut adalah memastikan bahwa setiap halaman dalam situs harus terjadi interaksi dengan user. Untuk melakukannya, maka tentu ia harus mampu mencari keyword yang kemungkinan bisa membuat brand muncul dalam mesin pencari.

Kemudian, SEO specialist bukan hanya berfungsi untuk menaikkan situs akan tetapi ia juga harus bisa memastikan bahwa kata kunci buruk tidak masuk dalam website tersebut. Sebab, hal ini hanya akan menurunkan reputasi perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab SEO Specialist

Lalu, sebenarnya apa tugas utama dari seorang SEO specialist? Pada dasarnya ia memiliki peran dan tanggung jawab yang cukup berat terlebih dalam meningkatkan penjualan dan menjaga performa situs perusahaan. Namun, untuk lebih jelasnya, berikut ini pemaparannya:

1. Mengoptimalkan Website

Salah satu bagian terpenting dari tugas seorang SEO specialist adalah mengoptimalkan website yang ia kerjakan. Maka, secara teknis kinerja tersebut akan membuat pengguna menjadi tertarik untuk mengklik situs tersebut.

Pada akhirnya hal ini yang akan membuat sebuah situs mengalami peningkatan kunjungan. Terlibatnya pengguna sebanyak-banyaknya, maka besar kemungkinan akan terjadi transaksi pembelian.

2. Konten Berkualitas

Sebuah situs supaya bisa berada pada halaman utama mesin pencari bukan hanya tentang kata kunci yang relevan. Akan tetapi juga harus mengisi website-nya dengan konten berkualitas. Salah satu tugas SEO specialist adalah memastikan hal tersebut.

Arsitektur teknis seperti itu akan berguna untuk perkembangan SEO sehingga sebuah perusahaan bisa memiliki situs yang berkualitas. Contohnya adalah ponsel pintar, video, ritel portal dan masih banyak lagi.

3. Meningkatkan dan Mempertahankan Interaksi

Salah satu hal terpenting dari tanggung jawab SEO specialist adalah mampu mempertahankan dan meningkatkan interaksi situs dengan pengguna. Cara tersebut harus dilakukan supaya traffic dan peringkat dalam mesin pencari bisa terjaga.

Selain itu, ia juga bertanggung jawab terhadap pemasaran atau promosi website. Baik secara onsite maupun offsite.

Syarat Menjadi SEO Specialist

Seseorang yang telah lama berkutat dalam dunia digital pasti memahami bahwa SEO yang cukup susah untuk dipelajari. Oleh karena itu, untuk bisa menjadi seorang SEO specialist, Anda harus memiliki beberapa hal di bawah ini:

1. Pengetahuan Dasar

Setidaknya sebagai langkah awal untuk menjadi SEO specialist, Anda harus memiliki beberapa skill dasar supaya bisa menerapkannya dengan mudah. Pertama adalah writing karena ia akan bertanggung jawab pada penulisan konten berkualitas yang merupakan komponen penting.

Kedua adalah HTML, yaitu sebuah bahasa pemrograman sehingga bisa menampilkan halaman situs. Terakhir berupa CSS yang berguna untuk mempercantik performa website sehingga tampak menarik dan tidak membosankan.

2. Personal Blog

Supaya bisa menjadi seorang SEO specialist, maka harus bisa membuktikan kepada perusahaan bahwa Anda mampu dan bisa dipercaya. Caranya adalah membuat portofolio dengan memiliki blog pribadi.

Selain itu, blog tersebut juga bisa sebagai tempat latihan Anda sendiri untuk mengasah skill-skill SEO dan sebagai pembuktian kepada HRD perusahaan. Bahkan apabila terjadi error, maka bisa memperbaikinya sendiri sekaligus pengalaman untuk melayani klien.

3. Mampu Memahami Algoritma SEO

Sering menyinggung bahwa pekerjaan SEO specialist akan selalu berkaitan dengan pemasaran dalam mesin pencari. Tentu saja tujuan utamanya supaya situs bisa berada dalam peringkat pertama search engine Google.

Namun, untuk melakukannya, Google pun memiliki sistem atau algoritma yang mengatur karena faktanya ada jutaaan situs yang juga menggunakan teknik SEO. Maka, dalam hal ini seorang specialist harus mampu memahaminya.

4. Memahami Dasar-dasar SEO

Sebagai seorang SEO specialist sudah pasti harus bisa memahami dasar-dasar SEO. Tentu tujuannya supaya bisa mengoperasikan situs dengan baik tanpa memberikan dampak buruk. Misalnya seperti backlink, konten, off page, on page dan sebagainya.

Selain itu, miliki juga sertifikat SEO untuk menguji kemampuan Anda. Hal ini juga akan berguna dalam meningkatkan kepercayaan HRD perusahaan yang akan menggunakan jasa tersebut. Situs gratis yang bisa dicoba seperti Semrush Academy, Google Digital Garage dan lain-lain.

Gaji SEO Specialist

Pada dasarnya gaji seorang SEO specialist ini tidak ada takaran resminya. Sebab, hal ini berdasarkan kemampuan orang itu dalam mengoptimasi sebuah situs. Mungkin apabila Anda barus berkecimpung dalam dunia tersebut bisa memperoleh hingga Rp 3.000.000 per bulan.

Berbeda lagi, jika Anda adalah seorang senior dan cukup ahli dalam bidang tersebut. Maka, gaji mulai dari Rp 4.000.000 sampai Rp 7.000.000 pun bisa diperoleh. Namun, apabila lebih menekuni profesi ini, maka bisa memperoleh nilai yang lebih besar lagi.

  • Simak : Pengertian Accounting, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

Apalagi jika memiliki skill-skill khusus yang jarang dimiliki sehingga perusahaan pun tidak akan ragu mengeluarkan uang untuk Anda.

Penutup

Jadi, adanya SEO memang sangat penting untuk sebuah perusahaan. Apalagi yang bergerak dalam bidang digital sebagai pemasaran utamanya. Menurut CariGaji.com tugas dari SEO specialist itu sendiri meskipun cukup berat akan tetapi sebanding dengan harga yang akan diperoleh.

Beri Penilaian

Tinggalkan komentar