Digital Marketing

Digital Marketing – Berbagai brand atau produk harus dipromosikan dengan macam-macam cara. Jika dahulu medianya hanya berupa spanduk, brosur dan video di televisi. Kini banyak yang sudah menggunakan jejaring sosial karena dianggap lebih efektif, kegiatan tersebut dinamakan digital marketing.

Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing

Metode periklanan menggunakan digital marketing memang sering digunakan zaman sekarang. Cara tersebut sangat memberikan pengaruh besar terhadap produk yang diiklankan. Selain itu, pemasaran modern seperti ini juga bisa meningkatkan nilai penjualan dari brand tersebut.

Pengertian digital marketing itu sendiri yaitu sebuah kegiatan untuk memasarkan atau mempromosikan suatu merk produk melalui teknologi dan internet. Tujuanya tentu untuk membuat konsumen supaya  tertarik pada barang atau jasa yang dipasarkan.

Mengingat bahwa penggunaan media sosial dan internet saat ini sudah sangat luas. Bahkan bisa dikatakan setiap orang akan selalu mendapatkan update berita dari sosial media. Sehingga digital marketing menjadi sangat efektif digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan produk jual.

Fungsi Digital Marketing

Saat menggunakan media digital marketing memang ada beberapa proses yang cukup sulit. Tidak heran jika profesi ini dapat mendatangkan keuntungan cukup besar bagi pekerjanya, karena bayaran memang harus setimpal dengan beban yang dikerjakan.

Meningkatkan nilai penjualan barang atau jasa memang merupakan fungsi utama dari pemasaran konvensional maupun digital. Jika produk yang dipromosikan memiliki nama yang cukup terkenal, maka proses marketing pun akan menjadi semakin mudah.

  • Cek : Info Jabatan Pekerja di Perusahaan Indonesia

Fungsi bidang pekerjaan yang satu ini pun memiliki kegunaan untuk membentuk database sendiri dari setiap konsumen pembeli produk. Selain itu, manfaat lainnya yaitu sebagai penghubung antara pembeli dan juga penjualnya. Peningkatan penjualan menjadi hal terpenting dalam proses tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab Digital Marketing

Dalam gambaran besarnya, pekerja yang melakukan tugas digital marketing ini memiliki tanggung jawab yang cukup sulit. Hal ini dapat berkaitan dengan segala hal mengenai pemasaran dan branding suatu produk, baik barang ataupun jasa secara online.

1. Memasarkan Produk

Digital marketing memiliki arti pemasaran secara online menggunakan teknologi terkini, dari sini sudah terlihat bahwa tugasnya adalah memasarkan produk untuk menarik banyak konsumen. Tanggung jawab ini akan menjadi mudah jika Anda sudah memahami minat pasar online.

Namun jika belum memahami kondisi dan minat pasar, maka tugas pemasaran produk akan menjadi sulit. Anda harus mengetahui apa saja hal yang dapat membuat konsumen masa kini tertarik, biasanya hal tersebut tidak jauh dari tampilan menarik, harga murah dan gratis ongkir.

2. Membuat Ide Promosi

Tanggung jawab dan tugas kedua yaitu membuat ide-ide promosi yang menarik. Anda bisa memodifikasi deskripsi produk dengan kalimat-kalimat persuasif, mengadakan diskon untuk menarik minat. Maka, beberapa tindakan yang dapat membuat konsumen mencari tahu identitas perusahaan lebih dalam.

Saat ini promosi paling efektif digunakan yaitu paid endorse, dimana akan membayar selebritis sosial media untuk membantu memasarkan produk. Biayanya memang tidak murah, namun biasanya feedback yang didapat juga sangat tinggi.

3. Melakukan Riset Pasar

Tugas terakhir yaitu melakukan riset pasar, dengan cara mencari tahu produk apa yang sedang menjadi tren di kalangan sosial media. Anda bisa menyesuaikan produk dan tawaran dengan minat para konsumen pada saat itu.

  • Baca Juga : Pengertian Accounting, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

Biasanya tren sangat cepat berubah, maka dari itu riset harus dilakukan secara rutin dan jangan sampai ketinggalan. Memberikan produk dengan harga yang murah dan produk berkualitas, tentunya akan mendapat perhatian khusus dari para konsumen.

Syarat Menjadi Seorang Digital Marketing

Pekerjaan ini disebut dengan digital marketing Manager atau Specialist. Pada awalnya tidak banyak orang yang mengetahui jenis profesi khusus ini karena seringkali skill tersebut hanya dimiliki para pebisnis. Berbeda dengan sekarang, kini mereka sudah dianggap sebagai bidang kerja khusus.

1. Mempertajam Keahlian Menganalisis

Keahlian satu ini merupakan kemampuan penting untuk dimiliki. Karena akan sangat dibutuhkan untuk menganalisis setiap keadaan dan kegiatan target pasar. Seperti memprediksi kebutuhan serta tren yang sedang diminati oleh banyak orang atau kebutuhan di masa depan.

Selain itu, keahlian ini diperlukan untuk menganalisis setiap website sebelum melakukan promosi. Dengan harapan bahwa, pemasaran ini dapat meningkatkan nilai penjualan produk sehingga akan lebih banyak keuntungan yang akan didapatkan

2. Aktif Bermedia Sosial

Sosial media memang merupakan jangkauan paling luas di antara market lainnya. Keaktifan seseorang dalam hal ini sangat diperlukan untuk menguasai berbagai modern market. Terjun lebih dalam di internet dapat mempermudah penyusunan berbagai strategi dalam pemasaran produk kedepannya.

Bermain sosial media seperti instagram, facebook dan twitter kini sudah menjadi keahlian banyak orang. Bisa jadi Anda yang hanya hobi bermain smartphone, akan mendapat pekerjaan bergengsi seperti ini. Poin pentingnya yaitu mahir dalam mempromosikan produk di internet.

3. Memiliki Kemampuan Visualisasi Data

Database sangat diperlukan dalam bidang digital marketing, menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan keputusan dan strategi yang akan diambil. Dengan begitu sangat perlu mendapatkan data valid, sekaligus untuk keperluan evaluasi perusahaan.

Database kini menjadi aset perusahaan modern, sehingga perlu untuk dikelola dengan baik agar target dapat tercapai maksimal. Contoh sederhananya yaitu, data mengenai minat konsumen terhadap suatu barang, maka nantinya tim digital marketing akan memasarkan produk serupa dengan cara yang tepat.

4. Memiliki Kemampuan Teknik yang Kuat

Kemampuan ini sangat diperlukan karena merupakan kemampuan dasar, contohnya seperti membuat web yang menarik dan mampu melakukan video editing. Hal tersebut akan membangun komunikasi antar tim lain dalam perusahaan, sehingga terciptanya sebuah promosi yang menarik perhatian konsumen.

Beberapa teknik yang perlu dikuasai sebenarnya bisa dipelajari secara otodidak seperti desain grafis sederhana. Saat ini banyak sekali aplikasi editing gratis yang tersedia di smartphone sehingga memungkinkan setiap orang untuk menjadi seorang desainer.

Gaji untuk Profesi Digital Marketing

Penghasilan untuk profesi satu ini sebenarnya masih standar, besaran gaji tergantung pada jam terbang setiap pekerjanya. Jika Anda sudah berpengalaman dan cukup lama bekerja dalam pemasaran digital ini, maka pendapatannya sekitar 8-12 juta, dengan pengalaman minimal satu sampai dua tahun.

Berbeda dengan fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman, mereka akan mendapat sekitar empat hingga lima juta rupiah perbulannya untuk perusahaan swasta, angka ini memang cukup tinggi di atas UMR. Semakin hebat skill maka pendapatan akan bertambah besar juga.

  • Simak : Pengertian COO, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

Sama halnya jika Anda sudah mengawali karir di suatu perusahaan dengan jabatan yang cukup bagus seperti manajer, maka gaji yang didapat akan semakin tinggi. Anda bisa mendapat penghasilan hingga 25-50 juta rupiah perbulannya, bahkan masih membuka kemungkinan bisa mendapat lebih besar lagi.

Penutup

Dalam pekerjaan bidang ini, menurut CariGaji.com memang banyak keahlian yang perlu dimiliki. Begitu juga dengan soft skill, karena profesi digital marketing akan selalu dibutuhkan dalam bidang bisnis. Semakin baik kemampuan Anda untuk bersosialisasi, maka akan karir akan bertambah cemerlang. 

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari CariGaji.com di Google News

  • Tinggalkan komentar

    close