General Manager (GM)

General Manager – Sebagian orang menganggap bahwa General Manager (GM) adalah salah satu jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan. Hal tersebut Memanglah benar namun masih sedikit kurang tepat. Pasalnya diatasnya masih ada posisi seperti CEO (Chief Executive Officer).

Pengertian General Manager

Secara definisi, General manager adalah sosok yang berperan ataupun bertanggung jawab fungsional serta seluruh bagian dari suatu perusahaan. Selain itu, jabatan ini pada dasarnya menaungi beberapa posisi manager dibawahnya. Mulai dari Marketing, keuangan dan lainnya.

Tugasnya adalah mengevaluasi, mengawasi serta mengelola semua tugas dan pekerjaan yang dipegang oleh manager dibawahnya. Jadi bisa dikatakan bahwa General Manager merupakan atas dari beberapa manager lainnya yang bertanggung jawab atas Jobdesk-nya.

Oleh karena itu, untuk mengisi posisi tersebut tentu bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukan. Bahkan ilmu pengetahuan saja tidaklah cukup karena membutuhkan sosok yang berpengalaman. Jadi, tak sembarang mampu mengemban berbagai tugasnya.

Tugas General Manager (GM)

Sesuai dengan definisinya bahwa tugas yang diemban oleh seorang General Manager (GM) tidaklah mudah. Sebab, semua hal yang berkaitan sengan seluruh bagian serta fungsional sebuah pekerjaan tak lepas dari campur tangan sosoknya. Berikut beberapa tugas utamanya.

1. Membuat Keputusan, Kebijakan Serta Perencanaan

Tugas utama dari seorang GM adalah membuat sebuah keputusan baik untuk jangka panjang ataupun pendek. Hal tersebut yang membuatnya harus diisi oleh sosok yang tegas. Karena selain itu tugasnya adalah memutuskan berbagai macam urusan secara tepat dan efektif.

Dengan begitu, sudah pasti perlunya berbagai macam pertimbangan agar mendapatkan keputusan terbaik. Selain itu, tugas lainnya dari general manager adalah membuat sebuah kebijakan. Baik perihal aturan ataupun standar tertentu perihal kualitas serta kuantitas.

2. Mengelola Operasional dan Menetapkan Standar

Tugas selanjutnya yang bisa dikatakan sangat berat adalah mengelola seluruh operasional perusahaan. Apalagi jika tempatnya bekerja memiliki skala yang tergolong besar. Maka tidak sembarang orang yang dapat menangani tanggung jawab seperti itu.

  • Cek : Info Jabatan Pekerja di Perusahaan Indonesia

Tugas lainnya dari seorang general manager adalah menetapkan sebuah standar. Pada dasarnya hal ini memicu sebuah perannya dalam menentukan berbagai macam kebijakan. Baik mengenai produk yang dihasilkan hingga berbagai macam ketentuan yang berlaku.

Tanggung Jawab General Manager (GM)

General Manager menanggung beban dan tanggung jawab yang sangat besar. Bahkan bisa dikatakan sosoknya cukup menjadi salah satu orang yang dijadikan sandaran sebuah perusahaan. Berikut beberapa tanggung jawab yang dipegang jabatan GM.

1. Mempertahankan Keberlangsungan Perusahaan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa general manager adalah salah satu orang yang memgang kendali perusahaan. Oleh karena itu nasib perusahaan sangat bergantung pada posisi tersebut. Alhasil tanggung jawabnya adalah mempertahankannya.

Mempertahankan dalam hal ini yaitu untuk seluruh aspek yang berkaitan dengan perusahaan. Baik penjualan, pemasaran, pemasukan keuntungan hingga keberlangsungan. Tanggung jawab ini adalah tugas terberat dari sosok general manager.

2. Bertanggung Jawab Bagian Dalam dan Luar Perusahaan

bertanggung jawab atas segala urusan bagian dalam dan luar perusahaan tentu membuat permainnya menjadi sangat vital. General manager tak hanya mengurusi secara internal saja, melainkan eksternal juga. Itulah mengapa beban yang ditanggung sangat berat.

  • Baca Juga : Pengertian Supervisor, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

Jadi, segala urusan yang berkaitan dengan perusahaan baik bagian dalam ataupun luar adalah tanggung jawabnya. Kesimpulannya adalah peran seorang GM sangat vital untuk semua aspek perusahaan. Bahkan hal tersebut tanpa terkecuali.

Kemampuan yang Harus Dipunyai General Manager

Seorang general manager harus mempunyai kekuatan tinggi, mahir dalam segalanya, diantaranya:

1. Mengusai Komputer

Sebagai pegawai, seharusnya dekat dengan tehnologi satu ini, computer atau juga bisa netbook. Sebagai seorang gm semestinya lebih mengusai dalam menjalankan computer.

Kekuatan dalam soal tehnologi dan digital harus juga dipunyai seorang GM. Status ini menuntut untuk sanggup menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

2. Potensi Berkomunikasi

Sebagai GM harus berperan serta dalam seminar atau tatap muka yang lain, sebagai jembatan di antara pimpinan dan pegawai. Karena itu, seorang GM harus mempunyai kekuatan berbicara supaya pesan dapat tersampaikan secara baik.

Komunikasi yang bagus membuat lancar jalannya kativitas perusahaan. Komunikasi yang bagus meminimalkan berlangsungnya miss kominikasi.

3. Presentasi

Masih terkait dengan pekerjaan GM yang perlu mengusai lakukan presentasi untuk tiap penilaian dan permasalahan yang terjadi. Karena itu, kekuatan presentasi penting juga dipunyai dengan seorang GM.

Seorang GM harus dapat sampaikan presentasi dengan jelas dan detil. presentasi dikatakan secara runut hingga pegawai dapat terima dengan jelas.

4. Monitoring

General manager mempunyai hak untuk me-monitoring perusahaan. Kagiatan ini akan berpengaruh pada jalannya perusahaan. Walau telah ada seksi yang melakukan, tetapi GM perlu memperhatikan keadaan lapangan langsung.

5. Berpengalaman

Seorang pegawai biasa mustahil secara tiba-tiba dapat menempati kedudukan general manager. Bisa jadi perusahaan tidak pasti arah.

  • Simak : Pengertian Foreman, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

Seorang GM minimal harus kuasai pengalaman bawahannya. Dengan demikian dia akan professional dalam tangani pekerjaannya.

6. Kemampuan Manajemen

Kemampuan manajemen harus dipunyai oleh tiap pimpinan perusahaan yang mempunyai kedudukan semakin tinggi, terhitung general manager. Karena mereka bertanggungjawab atas pengendalian perusahaan, karena itu diperlukan kekuatan manajemen yang oke.

7. Percaya Diri

Sebagai general manager yang perlu dapat berikan motivasi pegawainya, karena itu dia selalu harus percaya diri dalam jalankan perkerjaannya. Kepercayaan diri ini sanggup mempengaruhi pegawainya agar semakin optimis jalankan perusahaan.

Itulah tadi pembahasan dari CariGaji.com mengenai beberapa hal seputar General Manager (GM). Pastinya untuk mengisi jabatan tersebut dibutuhkan kerja keras, pengertian luas hingga pengalaman dan perjalanan yang panjang. Jadi, mulailah mempersiapkannya sejak awal karir Anda. 

Tinggalkan komentar