Slip Gaji Karyawan

Slip Gaji Karyawan – Bagi sebuah perusahaan, ia memiliki kewajiban untuk memberikan slip gaji karyawan. Hal ini sebagai bukti adanya penerimaan gaji. Dan dengan slip gaji inilah seorang karyawan dapat melihat rincian gajinya. Mulai dari tunjangan, hingga potongan jika memang ada.

Tahukah Anda, bahwa setiap perusahaan mempunyai format slip gaji yang berbeda. Antara perusahaan yang satu dengan yang lain. Itulah mengapa ada banyak sekali contoh slip gaji karyawan, terlebih lagi di tahun 2021 ini. Kalau bagi yang sudah terjun ke dunia kerja, tentu sudah tahu bagaimana wujud slip gaji ya.

Berbeda halnya dengan yang belum pernah. Nah, di dalam slip gaji, terdapat beberapa informasi penting yang meski ada. Misal, nama lengkap karyawannya, periode gajian, jabatan, potongan, asuransi, dan lain sebagainya. Buat lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ya.

Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan

(Foto : CariGaji.com)

Sebelum membahas lebih jauh mengenai komponen apa saja yang ada di dalam slip gaji karyawan, kita akan membahas mengenai manfaatnya dulu nih. Karena mungkin, masih ada yang penasaran. Ia kan? Jadi, slip gaji ini merupakan salah satu fasilitas yang meski dimanfaatkan.

Dan biasanya, dapat diminta ke HRD perusahaan. Dan tiap karyawan ataupun pegawai meski mendapatkannya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui informasi secara detail mengenai pendapatan bulanan yang diterima oleh seorang karyawan. Baik itu uang makan, gaji pokok, transportasi, tunjangan anak, istri, hingga potongan.

Bagi sebagian orang, slip gaji karyawan merupakan hal yang cukup penting loh. Karena bisa melihat apakah realita sesuai dengan ekspektasi sebelum gajian atau belum. Meskipun demikian, tetap masih ada pula orang yang merasa tidak peduli, sehingga enggan meminta slip gajinya kepada HRD.

Hal ini karena ia merasa bahwa jumlah gajinya sudah sesuai dengan perkiraan. Padahal, jika tidak memperhatikan, bisa saja gaji yang diberikan tidak sesuai dengan hak yang seharusnya diterima. Ya bisa saja kan? Itulah mengapa penting memiliki slip gaji.

Apalagi mengingat, bahwa HRD dan bagian keuangan merupakan manusia biasa, sehingga bisa saja terjadi kesalahan dalam penulisan nominal, alias typo. Ia kan? Maka, apabila tidak dengan slip gaji karyawan, dengan apa lagi seorang karyawan dapat mengetahui jika terdapat kesalahan?

Bahkan, slip gaji karyawan bukan hanya berguna bagi seorang karyawan, melainkan juga sangat penting bagi perusahaan itu sendiri yakni sebagai record atau dokumentasi yang sewaktu-waktu akan berguna saat pengecekan dan juga menghitung cash flow sebuah perusahaan. Bahkan, terkadang slip gaji dibutuhkan dalam proses pendaftaran beberapa hal. Beasiswa kuliah misalnya.

Komponen dalam Slip Gaji Karyawan

(Foto : CariGaji.com)

Sebenarnya, sebuah perusahaan tidak harus sih memberikan slip gaji karyawan. Sebagaimana yang diatur dalam UU No. 13 tahun 2003, bahwa tidak ada ketentuan yang mewajibkan perusahaan menyediakan atau mengharuskan perusahaan memberikan slip gaji.

Hanya saja, di dalam peraturan pemerintah Nomor. 78 tahun 2015 mengenai pengupahan. Diatur dengan sangat jelas, bahwasanya perusahaan meski member bukti pembayaran para karyawannya yang di dalamnya terdapatrincian upah yang meski diperoleh seorang karyawan. Nah, dikarenakan UU yang terbaru, maka perusahaan wajib memberikan slip gaji kepada karyawannya.

1. Informasi Umum

Di dalam slip gaji, harus tertera beberapa informasi umum dengan detail. Misal, nama karyawan, alamat lengkap, nama perusahaan, logo, lokasi, hingga nomor perusahaan. Barulah kemudian akan diikuti dengan informasi mengenai jabatan karyawan.

2. Data Karyawan

Pada umumnya, terdapat 2 informasi yang meski terdapat di dalam slip gaji karyawan. Ada nama lengkap Anda dengan nomor KTP. Hanya saja, ada kok beberapa perusahaan yang tidak mencantumkan nomor KTP. Nah, adapun tujuan memasukkan nomor KTP dengan nama karyawan adalah demi mempermudah dan juga mempercepat petugas dalam mengalokasikan referensi standar penggajian bagi semua karyawan.

3. Periode Gaji

Nah, informasi mengenai periode gaji juga sangat penting. Karena memang akan terus berubah ya dari satu bulan ke bulan berikutnya. Dan setiap perusahaan tentu mempunyai tanggal dan periode gajian yang berbeda. Namun pada umumnya, perusahaan akan memberikan gajian antara awal bulan dengan akhir bulan. Ada yang antara tanggal 1-5 tiap bulannya, ada pula yang tanggal 25 hingga 27 tiap bulan. Tergantung dengan kebijakan perusahaannya ya.

4. Informasi Pajak

Informasi pajak merupakan informasi yang akan memperlihatkan semua data pajak yang meski dibayar. Salah satunya adalah gaji tiap bulan, bagi yang memang sudah terdaftar di kantor pajak. Hal ini akan disesuaikan dengan kebijakan perusahaan dan kondisi pajak.

Contoh, terdapat karyawan yang ingin menyumbangkan sekian persen gajinya untuk organisasi kemasyarakatan, maka sekian persen tersebut tidak dikurangi pajak. Akan tetapi, jika memang kasusnya tidak seperti itu, maka setiap karyawan akan terkena pajak yang serupa, tergantung dengan system yang ada.

Contoh Slip Gaji Karyawan

(Foto : CariGaji.com)

Biasanya, setiap karyawan akan mendapatkan gaji yang beragam. Dan secara umum ada gaji pokok, bonus, dan penghargaan. Nah, gaji pokok ini merupakan gaji rutin yang memang akan diterima oleh seorang karyawan, berdasarkan dengan jam kerjanya, selama periode pembayaran tertentu.

Sementara bonus dan penghargaan ini sifatnya tidak rutin. Tergantung dengan kondisi. Sehingga, mesti ditandai secara terpisah. Dan biasanya, gaji pokok akan diletakkan di bagian gaji paling atas.  Nah, di dalam slip gaji juga akan dimasukkan potongan gaji. Misal, potongan asuransi.

Jadi. sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas ya, bahwa format slip gaji karyawan antara gaji karyawan. Ada yang doc dan excel. Berikut Penjelasan lengkapnya yang telah diringkas blog dari situs CariGaji.com mengenai contoh slip gaji karyawan.

1. Slip Gaji Doc / Doc

Slip gaji satu ini dibuat dengan menggunakan Microsoft word. Sesuai dengan namanya. Untuk formatnya bisa Anda perhatikan di bawah ya.

(sumber gambar: https://www.karyaone.co.id/blog/contoh-slip-gaji/)

Ini hanyalah sebuah contoh . Untuk contoh slip gaji karyawan dengan format doc yang lainnya juga ada.

2. Slip Gaji Excel

Sementara slip gaji exel merupakan keterangan gaji karyawan yang dibuat dengan menggunakan exel. Dan eksistensinya bisa berupa xlsx,. Dan bianya, lumayan banyak perusahaan yang memilih

3. Slip Gaji Online

Seiring dengan perkembangan zaman, slip gaji bukan hanya dibuat dengan menggunakan aplikasi word maupun excel. Melainkan juga dibuat dengan cara online. Untuk proses pembuatannya juga tidak kalah dengan dua aplikasi tersebut. Bahkan, pembuatan slip gaji karyawan online dianggap lebih mudah.

Karena di dalam aplikasinya sudah ada format slip gaji, plus dengan penghitungannya, bahkan sudah dibantu dalam urusan menghitung penentuan pajak yang bisa dilakukan dengan otomatis. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, tentu akan meminimalisir kesalahan ketika menginput data karyawan dengan angkanya. Nah, dengan slip gaji online ini, ada berbagai keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Seperti menghemat kertas, membantu program go green, hingga menghemat waktu.

Kesimpulan 

Demikian informasi mengenai pengertian, manfaat, komponen, dan contoh slip gaji karyawan 2021 yang dapat menambah wawasan Anda. Untuk contoh slip gaji karyawan tentunya setiap perusahaan berbeda tegantung dari kebijakan perusahaan itu sendiri. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan komentar