Lolos Seleksi Kerja

Lolos Seleksi Kerja – Sering kali berjumpa dengan pertanyaan dari rekan yang meminta trik dan tips agar bisa lolos seleksi kerja. Ini hal yang lumrah ditanyakan untuk mereka yang ingin melamar kerja.

Tidak disangkal memang, rerata perusahaan akan minta CV untuk penyeleksian administrasi satu diantaranya, selanjutnya minta untuk psikotes, dan wawancara. Umumnya 3 poin utama itu ada selalu dalam tiap proses penyeleksian kerja.

Beberapa dari rekan-rekan sekaligus yang kemungkinan tidak berhasil di psikotes atau bahkan juga tidak berhasil di tahapan akhir wawancara, dan hal tersebut cukup menggemaskan untuk mereka. Ada pula pada mereka, untuk menyiapkan psikotes atau wawancara sampai membeli buku mengenai ke-2 hal tersebut.

5 Cara Efektif Lolos Seleksi Kerja yang Harus Kamu Pahami

Lolos Seleksi Kerja

Selanjutnya ada kembali pertanyaan, apakah jika psikotes harus ini, demikian, harus gunakan pakaian ini. Pakaian itu, harus dijawab ini, harus dijawab demikian? Jawabnya sudah pasti TIDAK ADA KEHARUSAN. Kewajiban yang jelas ialah, harus tiba saat psikotes dan wawancara. Berikut ulasan mengnenai cara efektif lolos seleksi kerja.

1. Kenyamanan

Maka beberapa dari rekan-rekan yang saat melamar kerja dan ingin diterima hanya karena mempertimbangan upah yang besar dan prestige perusahaan yang paling oke, tanpa menimbang “kenyamanan”. Walau sebenarnya perlu kalian tahu teman, dalam kehidupan ini ada 2 hal besar yang perlu kalian memutuskan.

Pertama ialah pasangan hidup, karena kalian akan hidup bersama pasangan sampai maut pisahkan, dan yang ke-2 ialah karier. Tersisa hidup kalian sampai pensiun, sampai nenek-nenek atau kakek-kakek, tiap hari kalian akan lakukan tugas itu. Pikirkan jika kalian tidak nyaman dengan tugas itu.

Memiliki arti upah tidak perlu jadi pemikiran donk, kan yang perlu nyaman? Oiya tidak donk.. itu kan penghargaan buat kita karena kita telah lakukan kewajiban, pasti juga penting jadi pemikiran. Tetapi jika cuman “yang perlu upahnya besar”, berbahagiamu ingin diukur dengan uang saja getho???

Jadi tujuannya di sini pikirkan kenyamanannya saat kamu bekerja di situ. Telah siapkah dengan risikonya, dengan lingkungannya, dengan style bekerjanya, irama kerja, beban dan penekanan perusahaan. Apa akan jauh dari orang tercinta?

Apa tubuh sanggup bila harus lembur tiap hari karena kejar sasaran? Apa dapat bekerja dengan lingkungan yang sarat dengan kompetisi? Atau bahkan juga lingkungan yang paling dingin ayem dan tidak ada kompetisi benar-benar? Pikirkan hal tersebut, agar kamu tidak pindah-pindah kerja mulu karena rupanya baru sadar tugas ini tidak pas.

2 . Pengetahuan Berkaitan Perusahaan yang Ingin Dilamar

Cara Lolos Seleksi Kerja yang kedua yakni kuasai tentang perusahaan tersebut terlebih dahulu. Orang pintar di dunia ini lebih banyak sekali, orang pintar banyak juga, orang rajin cukup banyak, jadi tujuannya hadirkan diri tidak cuma jadi orang pintar, orang pintar atau orang rajin, tetapi juga aware. Tujuannya?

Ini, seperti orang ingin nembak calon kekasih, atau nglamar seorang, tentu ia akan sedapat mungkin cari tahu sebanyaknya info mengenai orang yang hendak ia menjadikan pasangan kan?

Nah, pas sekali!! Begitupun dengan tugas kamu. Kamu harus tahu donk, perusahaan yang ingin kamu memasuk ini, perusahaan apa, bergerak di sektor apa, sejarahnya bagaimana, perubahannya sejauh ini bagaimana, jika kamu diterima akan bekerja sebagai apa, jobdesc nya kurang lebih apa. Pokoknya mencari ahu sebanyak-banyaknya perusahaan yang ingin kamu lamar.

  • Cek : Kumpulan Tips Terbaik dan Terlengkap

Tidak boleh menuntut untuk diterima jika kamu saja tidak demikian tahu mengenai perusahaan itu. Mediumnya banyak kok untuk cari tahu, dunia digital saat ini benar-benar dapat digunakan untuk beberapa hal baik semacam ini . Maka tinggal tekad kamu saja untuk cari tahu apakah yang perlu kamu ketahui.

3. Kenali, Pahami, Niat dan Potensi diri

Kamu coba nilai dirimu sendiri, kekuatan kamu sebenernya di mana, kemauan kamu jadi apa. Sesuai tidak? Patut tidak? Sanggup tidak? Coba buat daftarnya, kekuatan kamu apa dan tekad kamu apa, buat dua kolom kiri kanan, lalu saksikan, kurang lebih dengan kekuatan yang kamu punyai, kamu dapat merealisasikan tekad kamu tidak?

Terkadang orang terlampau tinggi memutuskan kemauannya tanpa mengetahui kekuatan yang dipunyai, hingga saat tidak berhasil, belum siap dengan ketidakberhasilan. Hay teman-teman yang budiman, saat kamu melamar kerja, yakinkan jika kamu cukup mengenal dirimu. Kamu ketahui, selayaknya kamu akan dihargai dengan nominal berapakah dengan tugas yang kamu harapkan dan yang membuat kamu nyaman.

Tidak boleh gunakan konsep “yang perlu dapat kerja”. Konsep “sebar jala” akan merepotkan kamu nanti. Menghargai dirimu dan kekuatan kamu, bila kamu berasa kamu kapabel akan hal itu.

Terkecuali kamu kurang cukup percaya dengan tugas itu, karena kamu berasa pengetahuan kamu ngepas, ya tidak boleh konyol dengan meminta upah yang tinggi. Tidak boleh konyol melamar kerja untuk peletakan yang berprestise. Pokoknya ialah, ketahui kekuatan kamu, ketahui kekuatan kamu, imbangkan di antara tekad kamu dan kekuatan yang kamu punyai.

4. Tidak Abu-abu

Cara Lolos Seleksi Kerja selanjutnya yakni jangan abu-abu. Maksudnya jangan plin plan. Sangat banyak pertanyaan yang tiba “jika gambar orang, ucapnya harus komplet ya?”, “jika gambar pohon ucapnya harus ada buahnya ya?”, “jika ngitung yang angka seperti koran itu harus lempeng ya diagramnya, tidak bisa turun naik?” Harus ini, harus demikian dan isu lain-lainnya itu. Jawabnya tidak ada kewajiban. Psikotes itu untuk apa sich?

Itu bermanfaat untuk memfoto sisi dalam dari dirimu, deskripsi personalitas kamu. Deskripsi personalitas itu yang bagaimana sich? ya banyak, dimulai dari inteligensi, kekuatan kerja, tekad kerja, kecermatan kerja, emosi, rekanan, sampai antiknya kamu. Nach, apa yang disaksikan itu akan disambungkan dengan jobdesc dan tipe tugas kamu (bila kamu diterima).

“Oh, orang ini pas di tugas yang ini karena kekuatan, watak dan pribadinya semacam ini”. Ini kuat hubungannya dengan pahami dan mengenal diri. Misalkan, sebuah perusahaan keuangan, ingin cari staf untuk akuntan. Persyaratan yang diperlukan ialah cermat, rajin, jujur, tanggung-jawab, disiplin dan dapat bekerja di bawah penekanan. Kamu anak alumnus akuntansi dengan IPK 3, 75, melamar diperusahaan itu dan telah lakukan psikotes dan wawancara.

Rupanya hasil psikotes dan wawancara memperlihatkan jika kamu tidak seperti persyaratan yang diperlukan. Nah…. tidak berarti kamu bodoh kan? tidak berarti kamu tidak kapabel juga. Kemungkinan hasilnya memperlihatkan jika kamu tidak dapat bekerja bila harus di bawah penekanan.

pasti ini bisa menjadi pemikiran untuk perusahaan untuk terima atau mungkin tidak. Tentu bakal ada tipe tugas yang lebih pas dan sesuai watak dan kekuatan kamu, yang pasti lebih membuat kamu nyaman saat kamu jalaninya.

Maka tidak perlu “oh agar diterima, gambarnya saya buat komplet”, “ngitung angkanya harus lempeng nih, tidak bisa turun naik diagramnya, agar diterima”. Jadi kelak, jikalau diterima kamu bisa saja tidak nyaman dengan tugas itu karena hasil testnya juga, bukan dirimu yang sebetulnya. Tugas itu kan cocok-cocokan, jika sudah nemu yang click akan nikmat ngejalaninnya . Maka jujurlah saat psikotes atau wawancara tanpa tidak pedulikan untuk memberi yang terbaik.

5. Berdoa

Cara Lolos Seleksi Kerja yang terakir yakni doa. Sesudah semua usaha dikeluarkan untuk capai arah. Pada akhirnya pasti ada selalu doa yang mengikuti. Ini sederhana tetapi terkadang terupakan. Sebesar apa saja usaha kita, secerdas apa saja kita jika Tuhan belum meluluskan kita bekerja diperusahaan itu, kita tidak dapat memaksakan. Rizki itu kan memang takdir yang bisa diganti dengan usaha, jadi saat tidak berhasil sekali jangan putus asa. Usaha kembali dan kembali.

Doa dan usaha itu dua hal yang tidak dapat dipisahkan. So, dalam tiap usaha kalian yang kemungkinan sekarang ini mencari tugas yang pas, temani dengan doa. Oiya, doa dari orang tercinta juga penting lo.. entahlah orang-tua, atau doa dari pasangan.

Jika kata orang, kamu tidak dipandang luar biasa saat kamu tidak punyai lawan yang luar biasa. dan ketidakberhasilan untuk beberapa orang tertentu ialah lawan yang perlu dikalahkan. Beberapa tips ini, kemungkinan dapat menolong teman-teman yang bimbang dengan kerjanya sekarang ini, atau yang mencari kerja agar punyai pemikiran lain dalam melihat makna kata “bekerja”.

Nah itulah ulasan dari CariGaji.com mengenai 5 cara efektif lolos seleksi kerja yang harus dipahami dan bisa dicoa. Semoga bermanfaat ya gaes. Terimakasih!


Penelusuran Terkait : Cara Lolos Seleksi Kerja yang Ampuh * Trik Lolos Seleksi Kerja * Tips Lolos Seleksi Kerja * Metode Lolos Seleksi Kerja dengan Mudah * Cara Lolos Seleksi Kerja 2019 * Cara Lolos Seleksi Kerja 2020

Tinggalkan komentar