Wawancara Kerja

Wawancara Kerja – Sebelum diterima di sebuah perusahaan, Anda meski melewati beberapa tahapan. Salah satunya adalah tahapan wawancara kerja. Nah, tahukah Anda, bahwa tahapan satu ini merupakan tahapan yang paling banyak ditakuti oleh calon karyawan.

Terutama bagi mereka yang fresh graduate tanpa pengalaman kerja sama sekali. Meskipun demikian, wawancara juga kerap membuat getar-getir yang sudah punya pengalaman kok. Tenang saja, karena rasa grogi, khawatir, dan lain sebagainya ketika akan wawancara adalah sesuatu yang biasa, dan manusiawi.

Yang terpenting adalah bagaimana Anda mengelola berbagai perasaan tersebut agar bisa lolos di tahap ini. Nah, caranya gimana? Yuk simak tips lolos wawancara kerja berikut.

Tips Lolos Wawancara Kerja

Wawancara Kerja

Di tengah pandemic seperti sekarang, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena maraknya pemecatan karyawan di berbagai perusahaan. Sehingga membuat lapangan pekerjaan menyempit. Itu artinya, usaha Anda dalam mencari kerja  harus lebih keras, dan saingan Anda akan terus bertambah jumlahnya.

Kondisi ini menuntut Anda untuk lebih ekstra dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti wawancara, dan memberikan effort terbaik yang Anda miliki. Ditambah lagi dengan rasa gugup ketika berada di hadapan HRD, yang bisa membuat Anda salah tingkah dan salah jawab.

Padahal jelas sekali, bahwa wawancara bisa saja menjadi penentu diterima atau tidaknya Anda bekerja. Berikut adalah beberapa tips yang telah diringkas blog dari situs CariGaji.com untuk bisa Anda terapkan ketika akan melakukan wawancara kerja.

1. Mempersiapkan Diri

Tips lolos wawancara kerja yang pertama adalah mempersiapkan diri. Dalam hal ini, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Seperti membuat beberapa daftar pertanyaan yang umum, dan sangat biasa diajukan ketika wawancara kerja. Hal ini akan sangat membantu loh.

Selain itu, siapkan pula kira-kira jawaban apa yang akan Anda berikan. Dalam hal ini, Anda juga meski mencari tahu tentang perusahaan tersebut, plus cari tahu mengenai posisi yang tengah Anda lamar. Karena biasanya, pihak HRD pasti akan menanyai mengenai perusahaan dan juga posisi yang Anda pilih.

Demi mencari tahu sejauh apa pemahaman dan pengetahuan Anda tentang perusahaan tersebut. Pertanyaan ini juga bisa juga digunakan untuk menggali seberapa ahli Anda pada bidang tersebut. Sehingga HRD bisa memutuskan akan menerima atau menolak.

2. Style dan Bahasa Tubuh yang Sesuai

Tips yang kedua adalah tentang pakaian dan bahasa tubuh. Ya, ketika akan melakukan wawancara, gunakanlah pakaian yang sopan dan sesuai. Selain itu, Anda juga memperhatikan bahasa tubuh. Karena bagaimanapun, Anda akan langsung dinilai begitu Anda memasuki ruangan.

Jadi, berbagai hal yang terdapat pada diri Anda akan dinilai oleh pihak HRD. Maka, ketika wawancara kerja, fokuslah pada tahapan tersebut, dan memberikan kualitas wawancara yang baik. Perhatikan juga gerak mata. Usahakan untuk tidak memandangi sekitaran ruang tersebut.

3. Komunikatif

Ketika mendapatkan pertanyaan, jawablah pertanyaan dengan baik, benar, dan jujur. Kareena HRD akan sangat menghargai hal tersebut. Kalau bisa, jangan hanya sekedar memberikan jawaban ia atau tidak. Karena kadang-kadang, HRD sengaja mengajukan pertanyaan singkat untuk melihat seberapa komunikatif Anda.

Bahkan, tidak sedikit HRD yang justru memberikan pertanyaan jebakan loh. Maka, cobalah menjadi seseorang yang komunikatif, kapanpun dan dimanapun. Termasuk ketika menjawab setiap pertanyaan HRD.

4. Membawa CV Ketika Wawancara Kerja

Tips lolos wawancara kerja yang selanjutnya adalah membawa cv saat wawancara. Dengan membawa CV saat wawancara, tentu akan sangat membantu HRD dalam mereferensi kembali pengalaman Anda, baik itu pengalaman ketika belajar maupun ketika bekerja. Selain itu, hal ini juga akan membantu Anda dalam memahami diri. Karena sembari menunggu dipanggil memasuki ruangan, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk membaca kembali CV tersebut.

5. Memahami Diri Sendiri

Nah, pada umumnya, HRD akan menanyai Anda mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri Anda. Mereka akan bertanya tentang kekurangan dan kelebihan, serta apa hal yang menjadi kekuatan dan kelemahan Anda. Hal ini untuk mengetahui seberapa jauh Anda mengenali diri sendiri.

Agar membuat HRD lebih mudah dalam menentukan. Usahakan menjawab pertanyaan tersebut dengan jujur. Tidak perlu ada yang dilebih-lebihkan dan dikurang-kurangkan. Cukup jawab sesuai dengan kapasitas diri Anda. Sebutkan hal-hal yang real. Bahkan jangan ragu untuk mengajarkannya dengan detail.

6. Menceritakan Pengalaman

Terdapat beberapa posisi yang memang harus diisi oleh tenaga berpengalaman. Maka, jika Anda sudah mempunyai pengalaman di bidang tersebut, tidak ada salahnya untuk menceritakan pengalaman berharga tersebut. Karena bisa menjadi nilai plus.

Namun tetap saja, Anda perlu menceritakannya dengan bijak. Jangan lupa, bahwa Anda tengah bercerita di hadapan HRD, bukan teman biasa atau orang terdekat.

7. Memanfaatkan Waktu dengan Baik

Singkatnya momen wawancara ini menuntut Anda agar bisa memanfaatkan kesempatan wawancara kerja dengan sangat baik. Kesempatan Tersebut harus bisa Anda maksimalkan jika memang ingin diterima. Caranya adalah dengan to the poin, dan tidak bertele-tele ketika akan menjawab pertanyaan dari HRD.

Dan berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan bahwa ternyata pihak HRD bisa memberikan waktu maksimal 5 menit bagi calon karyawan. Maka manfaatkan waktu tersebut. Khususnya waktu pertama kali wawancara dimulai.

8. Bertanya Mengenai Beberapa Hal yang Berkaitan dengan Lowongan yang Ada

Ketika sudah ada di ujung wawancara kerja, biasanya HRD akan memberikan kesempatan Anda untuk bertanya. Ia akan berkata, ‘apakah masih ada yang ingin ditanyakan?’. Jika Anda memang masih ada, ya tanyakan saja. Jangan takut. Karena dengan bertanya, akan membuat diri Anda terlihat ‘sangat tertarik’ terhadap lowongan yang ada. Dan hal ini bisa saja menjadi nilai plus loh.

9. Berlatih dan Jangan Menyerah

Tips lolos wawancara kerja yang selanjutnya adalah berlatih terus dan pantang menyerah. Dalam menghadapi wawancara, kadang Anda memang harus menerima berita ‘gagal’ alias tidak diterima. Ketika memang kondisinya wawancara Anda gagal, tidak selamanya menunjukkan bahwa diri Anda gagal.

Tapi bisa saja memang Anda tidak ditakdirkan di sana, dan momennya saja yang belum sesuai. Ia kan? Kegagalan tersebut bisa menjadi bahan introfeski Anda ke depan agar bisa lebih siap ketika wawancara lagi. Cobalah untuk membuat daftar kenapa sih Anda layak diterima di sebuah perusahaan, Jadi, jangan lelah untuk berlatih dan jangan menyerah ya.

10. Jangan Takut Gagal

Tips terakhir adalah jahan pernah takut untuk gagal. Hal ini yang harus Anda tanamkan dalam diri. Karena semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika memang Anda gagal, ya coba lagi ke tempat lain.  Coba terus hingga benar-benar bertemu dengan pekerjaan yang cocok. Tetaplah optimis dan berpikir positif. Karena kadang, pikiranlah yang menjadi faktor utama kegagalan dalam wawancara.

Itulah dia beberapa tips lolos wawancara kerja dari CariGaji.com yang meski Anda perhatikan dengan baik dan benar. Ingat, jangan pernah takut gagal, dan tetap optimis. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan komentar