Tips Menjadi Guru Profesional di Era Digital

Tips Menjadi Guru – Guru merupakan pendidik bagi generasi muda. Profesi guru memiliki peran besar dalam membentuk masa depan bangsa. Seorang guru profesional di era digital tentunya tidak semudah yang dibayangkan, perlu adanya kesabaran keikhlasan dalam menerapkan ilmunya.

Guru profesional adalah guru yang memiliki kemampuan mumpuni dalam penguasaan ilmu, pengetahuan, penyajian pembelajaran dan hubungan guru dengan murid. Dimana guru profesional harus memiliki 4 standar kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.  

Pada era sekarang, banyak sekolah yang menggunakan pembelajaran online. Dimana guru dan murid menggunakan aplikasi pembelajaran online untuk kegiatan belajar mengajar. Disinilah guru profesional ditantang oleh perkembangan zaman. Teknologi sekarang sudah canggih. Bahkan anak kecil saja sudah mengerti bagaimana mengaplikasikan gadget. Inilah tips menjadi guru profesional di era digital:

Jangan Ragu untuk Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang yang Lebih Tinggi

Tips Menjadi Guru Profesional di Era Digital

Guru merupakan elemen yang penting dalam pendidikan. Nah tips menjadi guru profesional salah satunya dengan cara melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Jika guru mendapatkan kualifikasi yang baik dalam pendidikannya, maka kualitas dalam ilmunya tidak diragukan lagi. Sekarang banyak beasiswa bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Jadi jangan khawatir soal biaya, ya.

Ikuti KKG ( Kelompok Kerja Guru) dan Komunitas Guru

Kalian aktif mengikuti Kelompok Kerja Guru dan Komunitas Guru dapat mengembangkan strategi untuk pengembangan profesi guru. Kegiatan seperti itulah justru dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru. Belajar menjadi seorang guru tak harus dengan seorang profesor atau orang yang memiliki gelar tinggi saja. Namun belajar dari sesama guru yang berhasil dengan terobosan besar adalah pengalaman paling berharga. Selain mendapatkan pengalaman, kalian juga memiliki relasi sesama guru sehingga dapat sharing tentang pembelajaran. Selain mengikuti KKG atau Komunitas guru, kalian juga bisa mengikuti pembinaan dan pelatihan seperti seminar atau workshop.

Memiliki Sertifikat Pendidik 

Kalian pasti bertanya-tanya, kenapa sih guru mencari sertifikat pendidik? Emangnya buat apa? Hei jangan salah ya. Sertifikat pendidik merupakan sertifikat yang dimiliki oleh pengajar setelah dinyatakan lolos dalam proses sertifikasi pendidikan. Adanya sertifikat pendidik ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang baik di sekolah maupun perguruan tinggi. 

Jika kalian belum punya sertifikat pendidik, kalian masih punya kesempatan untuk memilikinya. Cara mendapatkan sertifikat pendidik terdapat tiga jalur yang bisa ditempuh:

1. Pendidikan Profesi Guru (PGG) Prajabatan

Program PGG prajabatan ini dilaksanakan untuk sertifikasi profesi jabatan dipersiapkan untuk lulusan S1 pendidikan yang memiliki bakat dan minat keguruan. Tujuan dari PGG Prajabatan ini diharapkan setelah lulus dapat menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan.

2. Pendidikan Profesi Guru (PGG) dalam jabatan

Progam PGG dalam jabatan diadakan untuk guru pegawai negeri sipil dan guru. PGG dalam jabatan ini dikhususkan bagi guru honorer atau guru pns yang telah mengajar dalam waktu tertentu dan sudah masuk di SIMPKB.

3. Pendidikan Profesi Guru (PGG) Reguler

Pendidikan Profesi Guru (PGG) reguler ini diselenggarakan untuk umum. Kalian dapat mengikuti kegiatan ini dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Menguasai Teknologi

Ini yang perlu diperhatikan untuk menjadi guru profesional di era digital yaitu menguasai teknologi. Perkembangan teknologi di era sekarang sangat cepat. Kalau kalian tidak mau ketinggalan ya harus belajar menguasai teknologi. Ibaratkan kalian baru menguasai satu teknologi, satu jam kemudian muncul teknologi baru.

Hal seperti ini menjadi tantangan seorang guru, bagaimana tidak. Guru ditantang oleh teknologi dalam lingkup pendidikan. Misalnya jika guru tidak menguasai teknologi salah satunya media aplikasi pembelajaran online, murid akan lebih memilih bermain game daripada belajar. 

Guru profesional tidak akan kehilangan ide. Ciptakan kreatifitas dan inovatif dalam mengajar online. Sekarang tak sedikit media yang dapat menunjang pendidikan terutama sekolah. Bisa saja kalian mencari informasi teknologi yang disukai anak sekarang. Misalnya aplikasi pembelajaran online, media youtube dengan membuat animasi, tiktok dengan ciri khas video singkat, dll. Sesuaikan saja dengan kondisi lingkup pembelajarannya.

Terapkan Metode Pembelajaran Unik dan Asik

Metode-metode pembelajaran yang berbeda sangat jarang ditemui di sekolah. Dari zaman dulu sampai sekarang kebiasaan metode belajar mengajar ‘Guru menjelaskan, murid mendengarkan’ sangat monoton. Guru profesional tentunya memiliki sekian ide untuk pembelajaran terutama mengajar online.

Seperti setiap 30 menit sekali saat mengajar online diselingi kuis, animasi video pembelajaran, berikan murid ruang untuk menyampaikan pendapat atau candaan yang bersifat informasi. Jika pembelajarannya unik, murid akan merasa senang dan mudah memahami materi yang disampaikan.

Memiliki Karya Tulis

Guru profesional perlu berbagi ilmu, metode yang telah dikuasai dalam bentuk karya tulis. Dengan adanya karya tulis dapat dijadikan dokumentasi atas apa yang telah dicapai. Selain itu, kalian dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan menuangkan ide gagasan. Tanpa kalian sadari, karya seperti inilah dapat dijadikan inspirasi bagi guru lainnya dan pemikiranmu dapat berkontribusi dalam majunya pendidikan di Indonesia.

Tinggalkan komentar