Pengertian PT (Perseroan Terbatas)

Pengertian PT (Perseroan Terbatas) – Mungkin Anda sering melihat atau menggunakan kata PT sebagai nama sebuah perusahaan. Baik berupa pabrik atau lainnya, tetapi tidak banyak yang mengetahui mengenai pengertian PT itu sendiri.Alhasil sering terjadi kesalahan dalam pemahamannya.

Pengertian PT (Perseroan Terbatas)

Pengertian PT
Pengertian PT

Merupakan singkatan dari Perseroan Terbatas. Pengertian PT yaitu bentuk sebuah bisnis dengan modal yang terdiri atas beberapa saham. Tidak hanya itu, perusahaan tersebut juga menjadi tanggung jawab langsung seluruh pemegang sahamnya sesuai dengan besarannya.

Pengertian PT ini menunjukan bahwa memang sulit membangun sebuah bisnis besar dengan modal sendiri. Maka dari itu tidak jarang perusahaan mengambil sejumlah investor untuk menanam saham. Umumnya akan ada pimpinan yang mengendalikan jalannya program kerja secara aktif.

Perseroan terbatas ini juga memiliki alat perlengkapan sendiri. Misalnya Komisaris, Direksi, dan rapat bagi seluruh pemegang saham. Hal tersebut dilakukan supaya para investor dapat mengetahui perkembangan serta kemajuan perusahaan juga dana yang diinvestasikan sesuai pengertian PT.

Ciri-ciri PT (Perseroan Terbatas)

Selain harus memahami pengertian PT, Anda pun mesti tahu ciri-ciri perusahaan dengan berlandaskan perseroan terbatas ini. Ada beberapa aspek yang mirip dengan bisnis biasa, namun tentu tidak sedikit juga perbedaannya. Berikut penjelasannya:

1. Berorientasi pada Profit

Salah satu ciri dari pengertian PT yaitu, perusahaannya selalu berorientasi untuk mencari keuntungan secara finansial. Atas dasar tersebut, terkadang mereka merangkap fungsi sebagai komersial atau periklanan juga di bidang ekonomi.

Setiap proyek harus menghasilkan keuntungan maksimal, para pelaku perseroan terbatas akan selalu mengusahakan setiap pekerjaannya agar mendapatkan profit tinggi. Mereka terkadang mencari investor untuk menambah dana hingga target tercapai.

2. Modal Berasal dari Saham

Sesuai dengan dasar pengertian PT, bahwa usaha sebuah perseroan terbatas mendapat modal dari saham juga obligasi. Hal ini menjadi ciri utama pembedanya dengan bisnis lain, Anda akan menjumpai banyak memiliki saham yang tentunya punya andil di dalamnya.

  • Cek : Kumpulan Blog Dunia Kerja dan Gaji Terbaru

Para pemilik saham juga memiliki tanggung jawab kepada perusahaan, sesuai dengan dana atau modal yang mereka investasikan ke suatu badan usaha. Semakin besar uang disetorkan, maka semakin berlipat keuntungan bisa didapat.

3. Dipimpin Seorang Direksi

Meskipun sahamnya dimiliki banyak investor, tetap saja sebuah perusahaan PT harus dipimpin oleh seorang direktur. Pimpinan ini nantinya akan bertanggung jawab akan banyak hal, seperti membagikan laba/keuntungan kepada para pemilik saham sesuai dengan perhitungannya.

Menurut pengertian PT, seorang direksi boleh memilih pekerja tetap dan kontrak yang memadai untuk menjalankan usahanya. Namun ciri utama dari poin ini, yaitu kekuasaan tertinggi akan dipilih melalui rapat umum pemegang saham (RUPS), jadi tidak sembarang orang bisa menjadi direktur.

Kelebihan dan Kekurangan PT (Perseroan Terbatas)

Terlepas dari pengertian PT sendiri, bisnis dengan tipe ini pun memiliki kekurangan dan kelebihan dalam pengoperasiannya. Apalagi bagi perusahaan swasta, akan sangat banyak tantangan yang dihadapi meski nantinya akan mendapatkan keuntungan besar. Berikut ulasannya:

1. Kelebihan PT (Perseroan Terbatas)

Kelebihan bisnis dengan bentuk perseroan terbatas ini, yaitu setiap pemegang saham tidak memiliki tanggung jawab penuh atas utang yang dimiliki perusahaan. Contohnya jika Anda berinvestasi dalam perseroan terbatas, maka tanggung jawabnya senilai dengan jumlah dana dikeluarkan.

Dengan begitu pemegang saham tidak perlu takut akan merugi dalam jumlah melebihi kemampuannya. Kemudian seperti pengertian PT, perusahaan pun akan berjalan dengan hukum terjamin. Karena aturan tersebut dibuat tergantung pemiliknya yang akan terus menerus berganti.

Selanjutnya kepemilikan saham perseroan terbatas dapat dengan mudah dijual pada orang lain. Selain itu, bisnis jenis ini juga bisa mendapat tambahan modal dari memperluas jangkauan. Terakhir, perusahaan juga berwenang untuk mengganti manajer yang kurang cakap.

Dapat dikatakan bahwa bisnis dengan bentuk PT tentunya cukup fleksibel, sehingga dapat membuat perusahaan menjadi lebih baik dan maju. Dengan mempekerjakan manajer yang kompeten serta berkualitas. Selain itu, pengertian PT ini dapat menjadi pegangan kelangsungan usaha perseroan.

2. Kekurangan PT (Perseroan Terbatas)

Selain kelebihan, perusahaan jenis ini juga memiliki kekurangan. Karena pengertian PT adalah perusahaan swasta, maka dari itu tak akan lepas perannya sebagai subjek pajak. Tetapi tidak hanya pemilik bisnis saja yang membayar pajak, seluruh pemegang saham pun akan dikenakan biayanya.

Dalam mendirikan perusahaan perseroan terbatas, awalnya memang cukup sulit. Berdasarkan pengertian PT, dikatakan bahwa bisnis seperti ini memerlukan berkas dari notaris berupa akta serta izin khusus untuk membuka usaha yang mana biayanya pun tidak murah.

Beberapa orang menganggap bahwa perseroan terbatas memiliki rahasia umum mengenai urusan dapurnya. Hal tersebut menjadi perhatian lain dari pengertian PT. Karena setiap aktivitas perusahaan akan dilaporkan pada pemegang saham lainnya, apalagi jika berkaitan dengan masalah laba.

Cara Membuat PT (Perseroan Terbatas)

Dalam cara mendirikan perseroan terbatas ini, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Seperti yang sudah dikatakan bahwa dalam pembuatannya pun harus mendapatkan izin khusus terlebih dahulu. Setiap orang bisa tentu mendirikan perusahan PT, berikut ini tahapannya:

1. Pembuatan Akta

Setiap pendiri harus mendatangi kantor notaris untuk mengurus pembuatan akta pendirian perseroan terbatas. Biaya proses yang diperlukan memang tidak sedikit, tetapi biayanya masuk ke dalam anggaran dasar perusahaan. Hal ini pun menjadi bagian dari pengertian PT.

Anggaran dasar tersebut dapat terlebih dahulu dibuat oleh semua pendiri dan dikeluarkan berdasarkan kesepakatan musyawarah. Jika para pendiri merasa tidak sanggup untuk membuat anggaran dasar, maka bisa juga menggunakan jasa notaris.

2. Pengesahan Akta

Sebelum pengesahan, akta akan ditinjau terlebih dahulu. Jika dalam penelitiannya tidak ada kesulitan atau kendala, maka surat keputusan untuk pengesahan pendirian bisa langsung dikeluarkan. Dengan begitu, persyaratan pertama akan terpenuhi untuk mendirikan perseroan terbatas.

Jika ada hal terlewat atau ada yang perlu diubah, maka akan ditetapkan dan diurus kembali oleh pihak notaris. Tambahan tersebut harus mendapatkan persetujuan, serta pengesahan kembali dari Departemen Kehakiman hingga mendapat keputusan terakhir.

3. Pendaftaran Perusahaan

Tahap selanjutnya, salah seorang dari pendiri perlu untuk membawa akta pendirian yang telah disahkan oleh Departemen Kehakiman ke kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri. Juga harus membawa surat keputusan dan pengesahannya.

Pengertian PT harus dipahami dengan benar, selanjutnya pilih kantor kepaniteraan yang ada di wilayah domisili saja untuk melakukan pendaftaran perseroan terbatas. Setelah berhasil didaftarkan, maka pihak pengurusnya sendiri akan mengabarkan kepada notaris bahwa sudah terdaftar.

4. Menerbitkan Berita Negara

Hal terakhir menurut CariGaji.com yang perlu dilakukan para sendiri, yaitu membawa surat keputusan mengenai pengesahan dari kehakiman serta dari peniteraan. Kemudian semua berkas diberikan ke kantor Percetakan Negara supaya pendaftaran PT dapat diterbitkan ke Tambahan Berita Negara RI.

Setelah diterbitkan mengenai pendaftaran dan keberadaan bisnis perseroan terbatas tersebut. Maka perusahaan yang berkaitan sudah bisa disebut sebagai badan hukum. Dengan begitu, bisnis sudah bisa dijalankan dengan aman dan legal.

Perseroan Terbatas ini merupakan perusahaan swasta yang mandiri serta memiliki hukum sendiri. Pengertian PT juga bisa menggambarkan definisinya. Selain itu, dalam pembentukannya ada beberapa tahap yang harus ditempuh untuk menjadi badan hukum resmi.


Penelusuran Terkait : PT itu apa artinya? * Apa pengertian dan ciri ciri Perseroan Terbatas? * Mengapa disebut Perseroan Terbatas? * Jenis PT apa saja? * PT termasuk badan usaha apa? * Apa yang dimaksud dengan perseroan terbatas?

Tinggalkan komentar