Pelajari Jenis dan Keuntungan Investasi Reksadana Campuran

Jenis dan Keuntungan Investasi Reksadana Campuran – Sebagian besar investor baru pasti bertanya tentang apa itu Reksadana campuran? Reksadana berbasis campuran merupakan salah satu jenis Reksadana yang mengalokasikan dana investasinya ke beberapa instrumen. Di antaranya seperti instrumen saham, pasar uang, dan surat utang.  

Jenis dan Keuntungan Investasi Reksadana Campuran

Jenis dan Keuntungan Investasi Reksadana Campuran

Keberagaman instrumen di dalamnya membuat jenis Reksadana tersebut dinamakan Reksadana campuran. Manajer investasi yang menanganinya akan memutar dana para investor ke beberapa instrumen tersebut untuk menghasilkan keuntungan. Tingkat risiko Reksadana berbasis campuran cenderung lebih rendah dibanding Reksadana saham.  

Jenis-jenis Reksadana Campuran

Selain lebih rendah risiko bila dibandingkan dengan Reksadana saham, Reksadana berbasis campuran juga berpotensi memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dari Reksadana pendapatan tetap. Hal tersebut membuat banyak investor moderat menginvestasikan dananya di Reksadana campuran.

Sebelum Anda memutuskan berinvestasi di instrumen satu ini sebaiknya pelajari terlebih dahulu terkait jenis-jenisnya, berikut penjelasan selengkapnya:

1. Defensif

Apa itu Reksadana campuran defensif? Yaitu produk Reksadana yang akan menempatkan sebagian besar dana kelolaannya ke dalam instrumen pasar uang dan surat utang. Jadi sekitar 70 persen hingga 79 persen dana kelolaan akan diinvestasikan ke pasar uang dan surat utang. Sisanya sekitar 21 persen hingga 30 persen diinvestasikan ke instrumen saham. 

Jenis Reksadana berbasis campuran defensif relatif lebih rendah risiko bila dibandingkan dengan jenis Reksadana berbasis campuran lainnya. Jenis ini lebih sesuai untuk tipe investor moderat yang baru memulai menekuni investasi di Reksadana.

2. Berimbang

Reksadana campuran berimbang akan mengelola dana kelolaannya secara berimbang. Jadi persentase menempatkan dana ke instrumen saham, pasar uang, dan surat utang akan berimbang atau sama rata. Tingkat resikonya memang lebih tinggi bila dibandingkan dengan defensif namun imbal hasilnya relatif lebih tinggi.

3. Dinamis

Apa itu Reksadana campuran dinamis? Yaitu salah satu produk Reksadana berbasis campuran yang unik karena manajer investasi dapat mengatur porsi investasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasar. Sebagai contohnya, ketika kondisi pasar saham sedang turun maka manajer investasi akan menarik dana investasi pada instrumen saham dan mengalihkannya ke pasar uang.

Hal tersebut dilakukan untuk menekan risiko kerugian yang dialami dan memaksimalkan keuntungan yang didapatkan. 

4. Agresif

Reksadana campuran agresif akan menempatkan sebagian besar dana kelolaannya ke instrumen saham. Jadi sekitar 70 persen dana kelolaannya akan diinvestasikan ke saham dan sisanya 30 persen ditempatkan ke pasar uang dan surat utang. Tentunya potensi imbal hasil yang akan diberikan lebih besar dari jenis-jenis sebelumnya. Namun, risiko investasi yang akan Anda hadapi juga akan semakin tinggi.

Keuntungan Berinvestasi Reksadana Campuran

Ada beberapa keuntungan berinvestasi di Reksadana campuran yang harus Anda tahu. Selain relatif lebih rendah risiko dibandingkan Reksadana saham, Reksadana berbasis campuran juga memiliki kelebihan lain yang dapat dijadikan pertimbangan:

1. Sesuai untuk Investor Moderat 

Reksadana berbasis campuran menjadi pilihan yang tepat bagi investor yang belum percaya diri melangkah ke Reksadana saham. Reksadana berbasis campuran dapat dijadikan sebagai alternatif ketika Anda ingin mendapatkan potensi imbal hasil yang lebih tinggi dari Reksadana pendapatan tetap tapi menawarkan risiko yang lebih rendah dari Reksadana saham.

2. Investasi akan Terdiversifikasi

Ketika berinvestasi di Reksadana campuran, Anda tidak perlu melakukan diversifikasi secara mandiri karena manajer investasi akan melakukannya. Diversifikasi akan membantu meminimalisir kerugian dan membantu Anda mendapatkan imbal hasil yang maksimal. 

3. Bebas Biaya Pajak

Keuntungan berinvestasi di Reksadana yang cukup menguntungkan yaitu tidak adanya potongan biaya pajak. Sehingga imbal hasil yang didapatkan akan utuh karena keuntungan dari investasi Reksadana tidak termasuk objek pajak. 

DBS Treasures Menjadi Pilihan Mitra Finansial yang Terpercaya

Bank DBS Indonesia menghadirkan mitra pengelolaan kekayaan terpercaya yang akan membantu mempermudah urusan  investasi Anda. Perbankan prioritas DBS Treasures menjadi mitra yang tepat dalam mengelola dan mengembangkan dana Anda untuk mempersiapkan masa depan yang sesuai aspirasi. 

Anda harus menjadi nasabah prioritas di DBS Treasures untuk mendapatkan strategi finansial yang mumpuni. Kemudahan yang ditawarkan DBS Treasures kepada para nasabah prioritas di antaranya adalah:

Dikelola oleh Manajer Investasi Profesional

Manajer investasi yang andal akan membantu Anda menuju keberhasilan dalam berinvestasi. Anda tidak perlu ragu karena semua produk Reksadana yang tersedia di DBS Treasures telah bermitra dengan manajer investasi profesional terkemuka. 

Manajer investasi profesional inilah yang akan mengelola dan membuat kinerja produk menjadi lebih optimal, sehingga keuntungan yang didapatkan akan lebih maksimal.

Tersedia Berbagai Informasi dari Tim Ahli Finansial untuk Panduan Investasi

Tim ahli finansial yang andal dan proaktif akan mengkomunikasikan wawasan dan informasi terkait analisis pasar dan peluang terkini yang telah depersonalisasi dengan kebutuhan dan profil Anda. Informasi itu akan konsisten dikomunikasikan sebagai panduan dan acuan supaya Anda yakin pada investasi yang akan dipilih.

Diversifikasi untuk Meminimalisir Risiko Investasi

Dengan beragam produk investasi komprehensif yang tersedia di DBS Treasures akan memudahkan Anda dalam melakukan upaya diversifikasi. Dengan begitu Anda dapat meminimalisir risiko kerugian dengan melakukan penyebaran dana ke berbagai instrumen.

Aplikasi digibank by DBS Menjadi Tempat Investasi yang Aman dan Praktis

Aplikasi digibank by DBS akan mempermudah Anda dalam segala urusan transaksi dan investasi. Melalui aplikasi tersebut Anda dapat melakukan registrasi SID (Single Investor Identity), pembelian, penjualan, hingga switching investasi secara online dengan cepat dan efisien waktu.

Melansir CariGaji.com, jangan ragu memilih DBS Treasures sebagai mitra finansial Anda dalam menunjang kebutuhan investasi. Jika Anda tertarik berinvestasi Reksadana campuran, segera daftarkan diri sebagai nasabah di prioritas banking DBS Treasures dengan minimal dana kelolaan Rp500 juta. 

Tinggalkan komentar