Gaji AVSEC Angkasa Pura

Gaji AVSEC Angkasa Pura – Setiap perusahaan tentunya memiliki pembagian tugas kepada seluruh karyawannya. Hal ini pun menjadi faktor utama mengapa gaji dari pekerja juga berbeda. Sama halnya seperti gaji AVSEC Angkasa Pura yang tidak sama pada masing-masing posisinya.

Gaji AVSEC Angkasa Pura

NOPANGKATGAJI/BULAN
1Petugas avsecR3.134.250,00
2Petugas basic avsecRp3.510.400,00
3Petugas junior avsecRp3.915.950,00
4Petugas senior avsecRp4.595.150,00
Gaji AVSEC Angkasa Pura

Mengenal AVSEC Angkasa Pura

Sebelum mengetahui berapa gaji karyawan di AVSEC Angkasa Pura, Anda perlu mengetahui lebih lanjut lagi mengenai AVSEC. Istilah ini sebenarnya merujuk pada security bandara sebagai pegawai di sektor penerbangan. Singkatannya yakni Aviation Security sehingga bertugas menjaga keamanan.

Orang awam biasa menyebut pekerjaan ini sebagai satpam atau security di bandara. Para petugas AVSEC dituntut untuk cermat dan teliri dalam melakukan tugas yang dibebankan kepada mereka. Pasalnya petugas ini akan diberikan kewajiban pada pengecekan penumpang dan barang.

  • Cek : Kumpulan Gaji di Perusahaan Indonesia Terlengkap

Tentunya tidak lain tujuan utamanya hanya untuk menjaga keamanan bagi para penumpang. Dalam menjagi petugas AVSEC, ada beberapa ketentuan sehingga tak bisa sembarangan ketika ingin melamarnya.

Ketentuan Menjadi AVSEC

Syarat menjadi seorang AVSEC sebenarnya tidak sesulit dan serumit ketika seseorang ingin bertugas sebagai pilot atau pramugari. Namun perusahaan penerbangan tentunya memiliki ketentuan tersendiri bagi mereka yang hendak melamar.

Syarat utama adalah merupakan warga Indonesia dan sehat jasmani rohani. Persyaratan lainnya masih berusia di bawah 28 tahun dan belum menikah. Sementara untuk ketentuan fisiknya yakni tidak berkacamata atau buta warna.

Tinggi badan bagi pria minimal 170 cm dan 160 cm untuk warnita. Tidak menggunakan narkoba dan tidak diperkenankan adanya tato pada tubuhnya. Syarat akademik yakni minimal lulusan SLTA atau sederajat.

Tugas Pegawai AVSEC

Dalam menjalankan tugasnya sebagai AVSEC, tentu ada beerapa kewajiban yang mereka lakukan. Namun sebenarnya akan banyak berurusan mengenai pemeriksanaan barang, pernumpang hingga bagasi dan kargo.

1. Pemeriksaaan Penumpang dan Dokumen

Tugas AVSEC pertama adalah melakukan pemeriksaan terhadap penumpang. Mereka harus sesuai dengan identitas yang sudah diberikan sebelumnya. Tidak lupa juga mengena pemeriksaan fisik dan barang bawaannya. Hal ini berlaku bagi penumpang biasa maupun perjalanan haji dan umrah.

Para petugas AVSEC juga diberikan tugas untuk memeriksa dokumen dari penumpang. Hal ini melputi tiket dan identitas diri. Jadi tidak ada kesalahan atau ketidaksesuaian setelah mereka melakukan check in di bandara.

2. Pemeriksaan Kargo dan Bagasi

Penumpang pun tidak jarang akan membawa barang bawaan yang beragam jenisnya. Oleh karena itu, petugas wajib untuk mengamankan barang tersebut. Namun sebelumnya harus dipastikan kepemilikan sebelum dilakukan pemeriksaan sebelum bisa memasuki kabin.

Tidak hanya itu, apabila barang tersebut bersifat kiriman maka petugas pun wajib melakukan pemeriksaan sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan. Tidak lupa juga memperhatikan apa isi barangnya agar menghindari adanya larangan barang-barang diedarkan.

3. Penertiban dan Pengawasan Secara Umum

Namun selain melakukan pemeriksaan, tugas utama dari petugas AVSEC adalah menjaga penertiban dan pengawasan secara umum termasuk juga mengawasi jalur pesawat. Tidak hanya di ruang tunggu saja namun seluruh ruangan di bandara.

Tentunya mengemban tugas untuk menjaga keamanan dan pengawasan bandara pun tidak mudah. Maka dari itu, mereka diharuskan benar-benar mengetahui tugas masing-masing sebelum pergi bertugas.

Itulah tadi informasi dari CariGaji.com mengenai gaji AVSEC Angkasa Pura yang ada di Indonesia. Bagi Anda jika tertarik melamarnya, maka penting untuk mengetahui apa saja persyaratan utamanya. Mengingat bahwa tugas dan kewajibannya pun tidak mudah dalam menjaga keamanan dan pengawasan di bandara.


Penelusuran Terkait : Urutan Pangkat dan Gaji AVSEC Angkasa Pura * Gaji AVSEC Angkasa Pura Non PNS * Gaji AVSEC Angkasa Pura Junior * Gaji AVSEC Angkasa Pura Senior * Gaji AVSEC Angkasa Pura 2020 * Gaji AVSEC Angkasa Pura 2021

Tinggalkan komentar