5 Cara Membuat Toko Online yang Bagus dan Mudah Dikenal

Toko Online – Bersamaan berubahnya teknologi internet di indonesia, munculkan banyak startup e-commerce. Mereka membuat toko online yang jual produk komplet seperti mall dengan keunggulannya masing-masing, maksudnya untuk menampung beberapa penjual dan konsumen untuk lakukan transaksi bisnis secara simpel.

Perubahan jaman memanglah tidak lepas dengan yang bernama perubahan tehnologi. Bukan hanya di luar negeri saja, Indonesia ikut juga berperan serta dalam lebih memajukan perkembangan tehnologi di dunia, baik itu tehnologi zaman telekomunikasi, sampai tehnologi zaman digital saat ini.

Perubahan tehnologi yang demikian cepat benar-benar sangat berpengaruh positif pada aktivitas manusia yang mana jadi segalanya serba gampang. Sebutlah saja satu diantaranya toko online.

Cara Membuat Toko Online yang Bagus dan Mudah Dikenal

Cara Membuat Toko Online yang Bagus dan Mudah Dikenal
Cara Membuat Toko Online yang Bagus dan Mudah Dikenal

Pertanyaannya, bagaimanakah cara menunjukkan diri di tengah-tengah jumlahnya persaingan di basis online alias online?

Jawabannya yakni tidak untuk sekadar membuat toko online saja, tetapi membuat merek atau merk dan menarik beberapa konsumen setia menjadi konsumen setia dari beberapa produk berjualan kita.

Berikut lima langkah yang bisa kamu kerjakan untuk membikin toko online-mu naik kelas jadi merek yang tidak kalah atas beragam merek terkenal yang lain.

1. Buat Merk yang Unik dan Berlainan dari Kompetitor

Tiap merk mempunyai DNA atau watak keunikannya masing-masing, dimulai dari simbol, beberapa warna menguasai, sampai jargon. Misalkan, merek-merek terkenal seperti Apple dan Nike dapat populer karena punyai watak dan figur yang kuat. Nike dengan jargon “Just Do It” selalu menyambungkan content promo-nya dengan jargon itu.

Karenanya, bila ingin meng-upgrade toko online jadi merek, mulai dengan membuat watak merek seperti nama dan simbol yang memikat dan gampang dikenang oleh konsumen.

Lalu, tetapkan DNA visual dari merek kamu. Misalkan selalu memakai font yang serupa dan beberapa warna stabil di semua content promo, dimulai dari web, content sosial media, sampai paket produk. Hingga nanti akan membuat konsumen makin ingat dengan merekmu.

2. Buat Web Toko Online

Menurut Ami, dengan web berjualan sendiri, kamu bebas membuat desain sebagian besar faktor dari web itu, dimulai dari penampilannya, nuansa toko, daftar produk, sampai promo-promo yang didatangkan untuk konsumen.

Web ini dapat menjadi saluran pemasaran tambahan untuk merek untuk mencapai konsumen yang bertambah luas, bahkan ke capaian internasional.

Keuntungan yang lain yang didapatkan dari mempunyai web sendiri: tidak ada ongkos komisi pemasaran ke faksi lain . Maka kamu dapat menganalisis demografi customer lebih gampang, tawarkan promosi dan penyesuaian, dan dapat berhubungan langsung dengan konsumen.

3. Yakinkan Web Merk Kamu Mobile Friendly

Sebagian besar orang Indonesia belanja online dengan memakai HP. Karenanya, saat membuat web merk untuk jualan, pastikanlah kamu membuat desainnya supaya mobile-friendly, dengan penampilan dengan rapi saat dibuka lewat HP.

Salah satunya langkah termudah untuk mempunyai web yang mobile-friendly dan tanpa perlu belajar coding ialah Xendit.

“Dengan Feature Toko Online yang berada di Program Xendit Usaha, kamu dapat membangun toko online sendiri dalam kurun waktu kurang dari 5 menit,” kata Ami.

4. Urus Inventaris dan Stok Barang secara Otomatis

Untuk memberi pengalaman berbelanja yang lebih bagus untuk konsumen, pasti kita dituntut untuk dapat mengurus inventaris produk kita secara baik untuk menghindar salah stock, atau mendadak stock habis walau sebenarnya pesanan telah masuk.

Karenanya, supaya bisa naik kelas jadi merek professional, semakin lebih efektif bila aktor usaha memakai mekanisme pengendalian inventaris dan stock barang secara automatis.

5. Konsentrasi Besarkan Merk dan Reputasi

Sosial media memang acap jadi fasilitas promo untuk jualan. Tetapi, untuk menjadi merk terkenal dengan rekam jejak yang bagus dan mempunyai pangkalan konsumen yang setia, pakailah sosial media untuk membagi narasi menarik mengenai merekmu, bukannya cuman jualan.

Misalkan, proses penyelesaiannya, beberapa orang yang berada di balik merek, pembahasan produk yang dipasarkan, sampai referensi konsumen setia berkenaan keunggulan apa yang dipunyai merek dibanding pesaing.

Kamu harus membuat hubungan yang ikhlas dan organik, dibanding cuman memercayakan promosi dan content yang terlampau hard-selling.

Nah, demikian ulasan menurut CariGaji.com mengenai 5 cara membuat toko online yang bagus dan mudah dikenal. Siap membuat toko online kamu lebih kece? Untuk informasi lebih jelas bisa langsung cek di situs desty.page/blog/toko-online. Selamat mencoba!!!

Tinggalkan komentar