Kenali Apa Itu CPM, Manfaat, dan Cara Mengoptimasinya

Apa Itu CPM – Penasaran mengenai istilah apa itu CPM? Bila kamu ingin jalankan digital marketing campaign, karena itu CPM ialah aspek khusus pemasti kesuksesannya.

CPM maknanya satu matrik yang dipakai dalam tentukan kecil besarnya ongkos yang perlu dibayar oleh advertiser.

Dengan ketahui makna CPM dan ketahui angkanya, karena itu kamu dapat memperbandingkan perform dari iklan yang diperlihatkan di beberapa basis.

Hingga, kamu dapat tentukan kanal yang dipandang paling efisien untuk menolong capai sasaran marketing.

Ingin tau dengan apakah itu CPM dan bagaimana cara mengoptimasinya? Langsung saja baca pembahasan secara lengkap di bawah ini.

Mengenali Apa Itu CPM

apa itu cpm
apa itu cpm

CPM ialah ringkasan dari Biaya Per Mille yang bermakna ongkos per seribu.

Makna CPM sendiri sebagai istilah pada digital marketing yang dipakai sebagai metrik penghitung ongkos iklan yang tampil di saluran marketing.

Tipe saluran marketing tempat penyiaran iklan juga dapat berbagai macam, dimulai dari website, Facebook, TikTok sampai iklan di YouTube.

Maka CPM maknanya alat ukur untuk tentukan ongkos siaran iklan digital yang perlu dibayarkan oleh advertiser.

Karena merujuk pada istilah “per mille” karena itu ongkos iklannya dihitung tiap 1.000 iklan yang tampil atau tampil (impressions).

Tipe pembayaran iklan dengan perhitungan Biaya Per Mille ini dipandang terpopuler, karena penghitungannya yang terang dan gampang dikalkulasikan.

Cara Hitung CPM

Pakai Cara-Cara simpel berikut ini untuk hitung CPM:

1. Tentukan Bujet Iklan

Tetapkan berapakah bujet yang ingin dikeluarkan untuk kampanye iklan online Anda. Misalkan, bujet yang Anda distribusikan untuk berpromosi ialah Rp5.000.000.

2. Tentukan Jumlah Impressions yang Diharapkan

Seterusnya, tetapkan jumlah impressions yang ingin Anda peroleh dari iklan itu.

Misalkan, Anda menarget untuk memperoleh 250.000 impressions dari kampanye berpromosi.

3. Hitung CPM

Untuk hitung CPM, Anda cuma perlu membagikan ongkos kampanye dalam jumlah sasaran impressions dan mengalikannya dengan 1.000.

Bila diambil dari scenario di atas, karena itu angka CPM dapat didapat dari:

  • Bujet iklan Rp5000.000 dipisah dalam jumlah sasaran impressions 250.000, yakni 20, lalu dikalikan 1.000 hingga jadi 20.000.
  • Karena itu, sasaran CPM dari kampanye Anda ialah Rp20.000.

Manfaat CPM untuk Bisnis

Keuntungan ialah hal yang jelas ingin diraih oleh mereka yang mempunyai usaha. Dengan CPM, ini dapat diraih lebih simpel.

Maka dari itu, inilah manfaat CPM untuk bisnis yang dapat kami kumpulkan:

  • Mempertingkat merk awareness. Baik bisnis lama atau baru, dikenali oleh audience yang bertambah luas pasti menjadi langkah untuk buka kesempatan yang hasilkan keuntungan.
  • Mendapati audience yang akurat. Bila kamu masih alami kesusahan tentukan demografi audience, CPM dapat membantumu mendapatkannya.
  • Mengirit ongkos. Sama seperti yang disebut awalnya, CPM ialah sistem yang lumayan murah. Ini dibanding dengan CPC (cost per result) dan CPA (cost per action).
  • Hitung CTR lebih gampang. CTR (click through rate) ialah rasio di antara klik yang dibuat dengan impresi dari iklan yang disiarkan. CTR ini dapat termudah dihitung bila kamu mengaplikasikan CPM pada iklanmu.

Cara Mengoptimasi CPM

Sekarang ini, banyak basis iklan online baik mesin pencari atau sosial media yang tawarkan service berpromosi dengan penataan optimisasi CPM.

Tetapi lepas apa saja basis yang dipakai, Anda bisa mengaplikasikan beberapa panduan berikut ini untuk optimasi angka CPM dari kampanye iklan Anda:

  • Menarget audiens yang pas: Menarget audiens yang pas bisa pastikan pengeluaran iklan Anda tidak percuma.
  • Mengawasi frekwensi tampil iklan: Yakinkan iklan Anda tidak tampil ke orang yang serupa lebih dari 2x.
  • Menambah social proof: Optimis audiens Anda jika produk yang Anda pasarkan berkualitas dengan bekerja bersama dengan KOL atau membagi pembahasan dari konsumen setia berkaitan produk Anda.

Dari ulasan CariGaji.com di atas bisa diambil kesimpulan jika pengukur CPM mempunyai peranan yang penting dalam jalankan iklan online.

Tanpa pengukur CPM, Anda tidak bisa ketahui berapa efektifkah iklan Anda dalam tingkatkan reach dari merek Anda.

Tetapi, dari sisi CPM masih ada metrik iklan online yang lain yang juga sangat penting dan jangan diacuhkan.

Pada dasarnya, semua pengukur dan pengawasan yang Anda kerjakan pada iklan online Anda, harus didasari pada arah khusus dari kampanye iklan itu.

Optimasi.ai merupakan digital agency terbaik dengan pengalaman mengelola digital ads kampanye dari brand di berbagai sektor bisnis dan siap membantu Anda dalam merancang dan menerapkan strategi digital marketing yang tepat untuk membantu bisnis Anda.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari CariGaji.com di Google News

  • Tinggalkan komentar

    close